Selasa, 08 Mei 2018 11:38 WIB

Taksi Otonom Pesaing Uber Siap Meluncur Tahun Ini

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Istimewa/Tech Crunch Foto: Istimewa/Tech Crunch
Jakarta - Setelah mobil otonomnya menjadi penyebab kematian bagi seorang pejalan kaki di Amerika Serikat, kini Uber mendapat pesaing baru di dunia taksi otonom.

Drive.ai, perusahaan pengembang software komputer yang berbasis di California, akan meluncurkan layanan berbagi tumpangan menggunakan mobil otonom di Texas. Meski keberadaan mobil otonom kini tengah menjadi sorotan lantaran sejumlah insiden yang melibatkannya, perusahaan tersebut yakin bahwa mobil buatannya dapat menghindari kecelakaan.

"Dengan membuat mobil kami berwarna oranye, kami akan benar-benar bisa mengatur pemikiran pengguna jalan bahwa ini merupakan mobil otonom," ujar Sameep Tandon, co-founder sekaligus CEO Drive.ai, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Selasa (8/5/2018).


Ia menambahkan bahwa dirinya sudah melakukan riset mengenai deep learning pada mobil otonom agar standar keamanan yang diimplementasikan lewat sensor, kamera, radar, hingga LIDAR dapat optimal di seluruh kendaraan buatan pihaknya. Selain itu, Tandon juga mengatakan bahwa moda transportasi tersebut sudah melewati uji coba menggunakan sistem simulasi dan geo-fence.

"Kami pikir kami tengah menyelesaikan masalah transportasi saat ini. Hal yang bagus dari pendekatan menggunakan kecerdasan buatan ini adalah sepanjang sistem ini mendapat data dan pengalaman lebih banyak, maka ia akan terus belajar sehingga menjadi semakin baik," tutur Tandon.

Nantinya, program pilot akan dijalankan pada Juli mendatang di Frisco, Texas, Amerika Serikat. Sedangkan untuk dijalankannya layanan ini secara seutuhnya, Tandon mengaku bahwa hal tersebut masih membutuhkan waktu.

Menarik ditunggu kiprah dari Drive.ai dalam mengubah sentimen masyarakat di Negeri Paman Sam terhadap mobil otonom. Pasalnya, moda transportasi tersebut sudah terlibat dalam sejumlah kecelakaan.

Sejumlah insiden tersebut pun melibatkan nama-nama besar di dunia teknologi. Mulai dari Uber, Google dengan anak perusahaannya bernama Waymo, hingga Tesla telah berkontribusi dalam membuat mobil otonom yang meresahkan warga. Bahkan, untuk nama yang disebutkan pertama, kendaraannya menjadi penyebab kematian seorang pejalan kaki di Arizona pada Maret lalu. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed