Jumat, 04 Mei 2018 16:53 WIB

Jack Ma: Para Pendiri Alibaba Bukan Orang Pintar, Tapi...

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Getty Images Jack Ma. Foto: Getty Images
Tel Aviv - Jack Ma baru saja berkunjung ke Israel. Pendiri Alibaba ini kembali melontarkan beragam nasehat yang seperti biasa, menginspirasi.

Berbicara di depan mahasiswa Tel Aviv University, salah satu orang terkaya di dunia ini menyatakan siapapun bisa sukses. Bahkan Alibaba sendiri tidak didirikan oleh orang-orang genius.

"Semua pendiri kami tidak berasal dari sekolah yang bagus, tapi kami semua percaya pada masa depan," katanya yang dikutip detikiNET dari Ynetnews, Jumat (4/5/2018).

"Ketika kami jadi kaya, aku bertanya pada mereka apakah kami lebih pintar dari orang lain, mereka menjawab tidak. Apakah kami bekerja lebih keras, jawabannya tidak. Orang pintar meninggalkan perusahaan, namun mereka yang yakin pada visi tetap tinggal," paparnya.



"Tidak masalah dari manapun kamu berasal, aku berkata pada orang-orang bahwa yang paling penting adalah apa yang kamu lakukan," tandasnya.

Jack yang sekarang berusia 53 tahun ini memang bukan keturunan orang kaya, miskin pada masa kecilnya dan sering ditolak kala melamar pekerjaan. Tapi kerja keras dan visinya terhadap potensi industri e-commerce membuatnya sukses luar biasa.

"Aku tak pernah membayangkan menjadi aku yang sekarang, bahwa aku akan mencapai begitu banyak. Kami memiliki 17 ribu pegawai, jutaan user. Kami mendukung wanita dan pebisnis kecil dan membantu mereka sukses," imbuhnya.

Jack menandaskan pegawai yang diterima di Alibaba bukan berdasarkan gelar sarjana. "Tidak begitu karena jika demikian, aku sendiri takkan diterima di perusahaan kami," katanya sambil tertawa.




Saksikan video terkait di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/rou)