BERITA TERBARU
Jumat, 04 Mei 2018 09:46 WIB

Mobil Pendiri WhatsApp Harganya Rp 35 Miliar!

Fino Yurio Kristo - detikInet
1995 Porsche 911 GT2. Foto: istimewa 1995 Porsche 911 GT2. Foto: istimewa
Jakarta - Jan Koum, pendiri dan CEO WhatsApp yang baru saja mengundurkan diri, termasuk pria yang terlihat sederhana walau hartanya melimpah ruah. Dia diketahui gemar mengkoleksi mobil langka yang super mahal.

Dalam pesan pengunduran dirinya di Facebook, Koum menyinggung bahwa dia akan lebih fokus pada hobi di bidang otomotif. "Aku mengambil waktu istirahat untuk melakukan hal-hal yang aku senangi di luar teknologi, misalnya mengkoleksi Porsche langka, mengutak atik mobil dan bermain frisbee," tulisnya

Pria kelahiran Ukraina dengan kekayaan terkini diestimasi USD 9,1 miliar ini memang sudah lama terobsesi dengan Porsche. Pada tahun 2016, dia disebut-sebut sebagai pemenang lelang Porsche super langka, yakni 1995 Porsche 911 GT2.



Koum kabarnya menebus mobil itu seharga 1,8 juta poundsterling atau jika dirupiahkan sekitar Rp 35 miliar. Kenapa demikian mahal? Karena sangat langka dan dirancang untuk kecepatan tinggi. Hanya sekitar 57 mobil versi ini dibuat oleh Porsche.

Desainnya pun memukau dan lain dari yang lain. Koum yang pada dasarnya gemar sekali dengan merek Porsche tak ragu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya, walau melihat hartanya, jumlah puluhan miliar ini tentu dapat dibilang sedikit.

Mobil Pendiri WhatsApp Harganya Rp 35 Miliar!1995 Porsche 911 GT2. Foto: istimewa


"Merekku adalah Porsche. Dulu, aku selalu ingin memilikinya tapi tak bisa membelinya," kata Koum.

Sebelum kaya berkat WhatsApp, Koum memang sangat miskin. Masa kecilnya di Ukraina dan pindah ke Amerika Serikat mencari kehidupan lebih baik. Namun pada awalnya, keluarganya sangat kekurangan. Bahkan ia sempat bekerja sebagai cleaning service.



"Bagiku, Porsche selalu mewakili puncak kesuksesan. Dan keinginan untuk memiliki mobil seperti itu adalah alasan untuk belajar dan bekerja keras," tandasnya.

Koum berhasil membeli Porsche pertama kali pada tahun 2003, yaitu Porsche 911. Kini dia sepertinya makin giat mengkoleksi mobil asal Jerman ini.

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed