BERITA TERBARU
Kamis, 03 Mei 2018 21:09 WIB

Shopee: Saat Ramadan Ada 300 Ribu Transaksi Per Hari

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Internet Ilustrasi. Foto: Internet
Jakarta - Selain akhir tahun, sepanjang Ramadan terjadi lonjakan trafik yang cukup besar di situs e-Commerce di Tanah Air. Menghadapi hal itu, Shopee mengaku sudah siap.

Hal tersebut diungkap langsung Marketing Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar saat peluncuran program Ramadan. Dia mengatakan, Ramadan tahun lalu, terjadi peningkatan trafik akses yang cukup tinggi ke aplikasi mereka.

Kondisi itu kemungkinan akan terulang di tahun ini, bahkan diyakini bakal lebih tinggi. Hal ini didorong penetrasi akses e-commerce yang makin meluas ke seluruh Indonesia.

"Tahun lalu minimal ada 300 ribu transaksi per harinya. Kami berharap memang lebih tinggi tahun ini," kata Rezki di Jakarta, Kamis (3/5/2018).


Guna menghadapi lonjakan trafik, Shopee sudah bersiap diri. Sejak jauh-jauh hari, back end mereka siap disiagakan selanjang bulan puasa nanti.

"Semua sudah kami persiapkan semuanya, jadi backend kita siap. Tapi bukan berarti back end itu siap dan ditinggal, namun selalu standby. Sebab kami perusahaan digital ritel 24 jam, kalau terjadi apapun harus siap tanggap," papar Rezki.

Selain back end, Shopee pun melakukan antisipasi di sisi penjual. Mereka mengedukasi penjual kapan waktu terjadinya peningkatan trafik. Diharapkan dengan mengetahui informasi tersebut, para penjual siap bilamana terjadi lonjakan pemesanan.

"Lonjakan order mereka pasti lebih banyak dari biasanya. Nah otomatis perlu kesiapan operasional dari mereka," kata Rezki.


Shopee pun rupanya turut melakukan persiapan di sisi ekspedisi. Mereka menyadari ekspedisi punya penting saat bulan puasa sebab mereka ujung tombak pengiriman barang yang telah dipesan konsumen.

"Kami telah berkerjasama dengan sejumlah ekspedisi yang mana mereka telah siap akan lonjakan pengiriman barang sepanjang bulan puasa nanti," tutup Rezki.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui perilaku masyarakat yang semakin doyan belanja lewat online di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed