BERITA TERBARU
Rabu, 02 Mei 2018 09:34 WIB

Bill Gates dan Larry Page Siapkan Proyek Baru, Apa Itu?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Bill Gates dan Larry Page. Foto: Indiatimes Bill Gates dan Larry Page. Foto: Indiatimes
Jakarta - Dua nama besar di bidang teknologi dunia, Bill Gates dan Larry Page, secara bersama-sama menyiapkan pendanaan untuk menjalankan sebuah proyek, apa itu?

Bill Gates mengumumkan bahwa pihaknya akan menyuntikkan dana sebesar USD 12 juta (Rp 166,5 miliar) untuk memberantas penyakit flu secara global lewat pembuatan vaksin. Ia pun mengaku bahwa dirinya tidak sendirian dalam memberikan dana tersebut.

Pendiri Microsoft ini mengaku bahwa separuh dari uang tersebut akan datang dari Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan yang didirikannya bersama istrinya. Sedangkan sisanya akan diberikan oleh keluarga dari co-founder Goole, Larry Page.



Nantinya, dana tersebut akan diberikan dalam dua tahap. Pertama, mereka akan memberikan hingga USD 2 juta terlebih dahulu bagi para peneliti untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui riset.

Sedangkan, USD 10 juta sisanya akan diberikan untuk keperluan uji coba vaksin flu terhadap manusia. Rencananya, proyek pembuatan vaksi flu tersebut dijadwalkan untuk dimulai pada 2021 mendatang.

Menariknya, dana yang disiapkan oleh Gates dan Page sebesar USD 12 juta bisa dibilang cukup kecil untuk memberantas flu. Hal tersebut dikarenakan Departemen Kesehatan Amerika Serikat telah menggelontorkan uang sebanyak USD 64 juta hanya dalam setahun, yaitu 2017 lalu, untuk melakukan riset mengenai vaksi flu universal terhadap manusia.

Walau begitu, Paul Radspinner, presiden sekaligus CEO dari FluGen, perusahaan yang tengah mengupayakan pembuatan vaksin flu, mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh Gates sudah tepat.

"Memiliki yayasan Bill Gates dalam menyokong riset untuk membuat vaksin bagi flu secara universal merupakan kabar yang sangat baik. Kami tidak memedulikan terkait besaran investasinya karena kami yakin ini baru peran awal dari yayasan tersebut dalam memainkan peran penting pada sektor ini," ujarnya.



Hal senada pun turut diutarakan oleh Gates sendiri. Ia mengatakan bahwa uang yang disiapkannya bersama salah satu pendiri Google tersebut hanyalah tahap awal.

"Ini merupakan pendanaan tahap awal. Uang USD 12 juta ini bukanlah akhir," ucapnya singkat, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Rabu (2/5/2018).

Selain itu, Bill & Melinda Gates Foundation pun sebelumnya sudah melakukan pendanaan serupa terkait dengan riset mengenai vaksin yang diharapkan mampu memberantas flu secara universal, tanpa terbatas hanya untuk satu jenis saja. Hal ini dilakukan oleh yayasan tersebut dengan memberikan sumbangan sebesar lebih dari USD 9,5 juta untuk Icahn School of Medicine di New York, AS. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed