Minggu, 29 Apr 2018 22:23 WIB

Fitur Anyar YouTube Kids Bisa Pantau Anak Lebih Ketat

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk mengakomodir kebutuhan anak dalam mengakses video di platform-nya secara aman, YouTube punya layanan YouTube Kids. Kini YouTube akan membuat YouTube Kids semakin aman dikonsumsi anak-anak.

Caranya adalah dengan merilis fitur pengawasan oleh orangtua. Hal ini berangkat dari kasus kebocoran konten tak layak yang pernah terjadi di YouTube Kids beberapa waktu lalu.

Jadi, nantinya dengan fitur bimbingan orangtua ini, para orangtua bisa menyortir video mana yang aman dikonsumsi anaknya. Ide ini lahir karena YouTube paham bahwa orangtua tahu mana yang lebih baik untuk anaknya dari orang lain.

"Bagi para orangtua yang ingin kendali lebih untuk videi dan saluran di aplikasi YouTube Kids, kami menghadirkan fitur di tahun ini yang memungkinkan orangtua memilih lebih spesifik video dan saluran yang bagus untuk anaknya di aplikasi," terang YouTube dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (29/4/2018).



Sebagai tambahan, akan ada fitur 'Collections' yang dihadirkan oleh mitra terpercaya YouTube di mana ini saluran merupakan saluran yang kontennya sudah ditinjau dan diperbolehkan oleh YouTube.

Adapula fitur dimana anak-anak akan dibatasi dalam melakukan pencarian dan hanya terpaku pada saluran yang telah diverifikasi oleh YouTube.

Masih berkaitan dengan hal tersebut, YouTube selama ini telah berjuang dalam menyaring dan melihat konten mana yang aman ditonton. Bahkan YouTub sekarang sudah bergantung lebih banyak kepada kurasi manusia untuk meninjau konten. (rou/rou)