Kamis, 26 Apr 2018 08:59 WIB

Robot Mulai Geser Peran Maskot di Sepakbola

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: standard Foto: standard
Jakarta - Setelah perhelatan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 sudah menghadirkan cukup banyak robot di dalamnya, kali ini giliran Liga Primer Inggris yang merasakan 'invasi' mesin tersebut.

Dalam laga sepakbola di Liga Primer Inggris yang mempertemukan kesebelasan Everton melawan Newcastle United, nama klub yang disebutkan terakhir membuat terobosan dengan menghadirkan maskot sebagai pendamping pemain saat masuk ke lapangan. Biasanya, peran ini dilakukan oleh seorang anak kecil.



Perangkat berwarna putih bernama AV1, yang disebut sebagai telepresence robot, memiliki kamera, speaker, serta mikrofon di dalamnya. Menariknya, dengan fitur yang dimilikinya tersebut, robot ini memungkinkan seorang anak untuk hadir sebagai maskot secara virtual.

Hal tersebut dikarenakan perangkat ini tersambung pada iPad milik anak bernama Jack McLinden untuk membuatnya dapat merasakan layaknya ia tengah hadir sebagai maskot dalam pertandingan sepakbola secara sungguhan, walau ia hanya berada di tempat tidurnya. Aksi ini merupakan hasil kerja sama dari perusahaan asal Norwegia bernama No Isolation dengan WellChild.

Robot Mulai Geser Peran Maskot di SepakbolaFoto: standard


Perusahaan yang disebutkan pertama merupakan pembuat telepresence robot, sedangkan nama berikutnya adalah yayasan amal asal Britania Raya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan impian Jack yang ingin menjadi maskot pemain dalam pertandingan sepakbola, namun terhalang karena sejumlah masalah kesehatan.



Upaya ini pun menjadi yang pertama dalam menghadirkan maskot virtual pada pertandingan sepakbola, sebagaimana ditulis klub Everton melalui situs resminya. Selain menggembirakan bagi Jack, hal ini pun juga turut disyukuri oleh ibunya, yaitu Michell Wignall,

"Mendapatkan dukungan seperti ini dari WellChild berarti kita tidak sendiria, terisolasi, maupun dikucilkan. Kami sangat senang, lewat No Isolation dan Everton Football Club, Jack bisa menikmati pengalaman sekali seumur hidupnya ini," kata perempuan yang bekerja sebagai ambassador bagi WellChild.






(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed