Pokemon Go Hingga PUBG Duel Jadi Aplikasi Terbaik Android

Pokemon Go Hingga PUBG Duel Jadi Aplikasi Terbaik Android

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Rabu, 25 Apr 2018 15:50 WIB
Game PUBG. Foto: istimewa
Jakarta - Ajang penghargaan bagi aplikasi terbaik yang digelar secara tahunan kembali dilangsungkan oleh Google, dengan sejumlah lama terkenal masuk sebagai nominasi di dalamnya.

Google resmi mengumumkan nama-nama aplikasi yang terpilih menjadi nominasi pada ajang Google Play Awards tahun ini. Dalam penghargaan yang memasuki helatan ketiganya ini, perusahaan teknologi asal California, Amerika Serikat, memunculkan sejumlah kategori baru seperti augmented reality dan virtual reality.

Salah satu kategori aplikasi yang cukup menarik perhatian adalah game. Dalam kategori Best Community Building Game, Google menunjuk beberapa nama populer seperti Pokemon Go dan PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds), seperti detikINET kutip dari Digital Trends, Rabu (25/4/2018). Meski begitu, anak perusahaan Alphabet ini juga memberikan kesempatan bagi game-game indie lewat kategori Standout Indie.



Sejumlah aplikasi cukup terkenal juga akan bertarung pada kategori beberapa kategori lain. Salah satunya Best Breakthrough, dengan Animal Crossing: Pocket Camp dan Final Fantasy XV Pocket menjadi nama-nama yang akan bersaing. Selain itu, pada kategori Best AR or VR Experience, BBC Earth: Life in VR dan Porsche Mission E menjadi dua aplikasi yang terpilih sebagai nominasi.

Tak hanya dari sisi hiburan, Google pun juga menghadirkan kategori berisi aplikasi yang membantu hidup sehari-hari pengguna. Pertama, untuk kategori Well-being Apps, Google menunjuk Clue (pelacak periode menstruasi), Lifesum (perancang diet dan penghitung kalori), dan Headspace (perancang meditasi) sebagai deretan aplikasi yang akan bersaing.

Kedua, Google juga membuat kategori Best Accessibility Experience yang berisikan aplikasi pendukung bagi para disabilitas atau orang-orang berkebutuhan khusus. Dalam kategori ini, nama-nama seperti Audio Game Hub (permainan berbasis audio) dan Be My Eyes (pembantu tuna netra) merupakan aplikasi yang terpilih sebagai nominator.

Nantinya, pemenang di setiap kategori akan diumumkan pada 7 Mei dalam ajang Googe I/O. Pengumuman tersebut sekaligus menjadi upaya perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin dalam merepresentasikan aplikasi yang terbaik dari Google Play. (fyk/fyk)