Rabu, 25 Apr 2018 10:39 WIB

Bill Gates Umbar Kebiasaan Buruknya yang Jangan Ditiru

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Getty Images Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta - Kehidupan Bill Gates seakan sempurna, pintar, kaya raya dan dermawan. Tapi bukan berarti sang pendiri Microsoft tak punya kebiasaan buruk.

Dikutip detikINET dari CNBC, pria yang telah dikalahkan Jeff Bezos sebagai manusia terkaya dunia ini ternyata pernah gemar menunda-nunda. Terutama saat masa kuliahnya di universitas Harvard.

"Aku suka menunjukkan pada orang bahwa aku tidak melakukan tugas apapun, tidak masuk kuliah dan aku tidak peduli," sebut pria berkacamata ini.



Baru pada saat-saat mendesak, Gates mulai serius. Misalnya saat mepet waktu ujian, Gates baru belajar, dikenal dengan istilah SKS atau sistem kebut semalam.

"Orang pikir itu sesuatu yang lucu. Itulah diriku dulu, orang yang tidak melakukan apapun sampai menit-menit terakhir," papar dia.

Namun demikian, kebiasaan suka menunda-nunda itu akhirnya disadarinya sangat tidak baik, apalagi di dunia bisnis. "Ketika aku mulai berbisnis, itu adalah kebiasaan yang sangat buruk dan perlu bertahun-tahun bagiku untuk mengatasinya," kisah suami Melinda Gates ini.



Tapi dasar berotak pintar, Gates tetap mendapat nilai tinggi walau jarang kuliah dan belajar di saat-saat terakhir. Dia mengaku hampir selalu mendapat nilai A.

Gates berpesan jangan suka menunda-nunda seperti dirinya sendiri, terutama di dunia bisnis. "Tak seorangpun memujiku (di bisnis-red) karena aku melakukan sesuatu di saat-saat terakhir. Menunda-nunda bukan kebiasaan baik," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed