BERITA TERBARU
Selasa, 24 Apr 2018 20:31 WIB

Banyak yang Offline, Gerakan UMKM Jualan Online Digalakkan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih banyak yang belum tersentuh online. Kondisi itu pun menjadi landasan digalakkannya sebuah Gerakan UMKM Jualan Online Nasional.

Berdasarkan data McKinsey Global Institute, nilai transaksi UMKM yang beralih ke online akan berkembang dua kali lebih cepat. Sayangnya, dari 59,9 juta UMKM itu baru 3,97 juta UMKM yang sudah go online. Padahal, pengguna internet di Indonesia sudah masif dan 78% diantaranya sudah bertransaksi online.

Banyak yang Offline, Gerakan UMKM Jualan Online DigalakkanFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


"Data dari Kementerian Koperasi dan UKM, ada 59 juta pelaku UMKM di Indonesia. Coba diambil setengahnya saja yang go online, Indonesia bisa melahirkan minimal 10 (startup) unicorn baru yang dapat membuat Indonesia tampil di dunia," kata Staf Khusus Menteri Kominfo Lis Sutjiati pada peluncuran Gerakan UMKM Jualan Online di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/4/2018).


Saat ini, startup yang sudah bergelar unicorn di Tanah Air adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Penyebutan unicorn yang disematkan kepada startup tersebut karena mereka berhasil memiliki valuasi bisnisnya di atas USD 1 miliar.

Dipaparkan Liz, pelaku UMKM ini bisa dibilang sebagai pahlawan ekonomi digital. Belum go online saja, ucapnya, sektor tersebut sudah berkontribusi 68-80% dari ekonomi nasional

"Kita ingin pastikan, di dunia digital ekonomi, teman-teman kita yang sudah menjadi pahlawan ekonomi nasional ini tetap menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, sekaligus membawa ekonomi Indonesia untuk go global dan go international, sehingga eksistensi Indonesia di ranah dunia menjadi lebih besar," jelasnya.

Banyak yang Offline, Gerakan UMKM Jualan Online DigalakkanFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), lembaga terkait, dan enam e-commerce marketplace, yakni Blanja, Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia menggagas Gerakan UMKM Jualan Online.

"Gerakan ini bukan dari pemerintah, pemerintah cuma dibelakangnya saja. Ini gerakan nasional, sebuah perayaan bahwa negara ini mendukung kemajuan UMKM," sebutnya.

Agar gerakan tersebut tersebar merata di seluruh Indonesia, tercatat sekitar 376 kegiatan akan digelar di lebih dari 70 kota.


Selain melakukan roadshow Gerakan UMKM Jualan Online, berbagai kegiatan yang dilakukan pemerintah beserta marketplace ini meliputi rangkaian tahapan, mulai dari onboarding atau mendorong pelaku UMKM offline menjadi online, active selling atau pendampingan transaksi online.

Kemudian, scale up business atau membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya, hingga go international atau gerakan mendorong pelaku usaha itu meningkatkan jangkauan pasar menjadi internasional. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed