Selasa, 24 Apr 2018 06:45 WIB

Amazon Bakal Produksi Robot Pembantu?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi robot di rumah. Foto: silicon-saxony Ilustrasi robot di rumah. Foto: silicon-saxony
Jakarta - Setelah bertahun-tahun tidak dijalankan dengan serius, kini Amazon berniat untuk menggarap proyek dengan produksi robot rumahan menjadi misi utamanya tersebut.

Raksasa e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, dikabarkan tengah menyiapkan rencana untuk membuat robot yang dapat menemani pemiliknya di rumah. Proyek robot tersebut memiliki nama kode Vesta, yang merupakan Dewi Perapian, Rumah, dan Keluarga dalam mitologi Romawi.

Adalah Gregg Zehr yang pertama kali menyadari proyek tersebut. Zehr sejatinya bertugas dalam melakukan riset dan pengembangan hardware di Amazon Lab126b, sekaligus pendiri badan tersebut. Lab126, yang merupakan anak perusahaan dari Amazon, bertanggung jawab pada berbagai perangkat dari raksasa e-commerce tersebut, seperti Echo dan lini produk Fire.

Proyek Vesta sebenarnya sudah mulai digagas beberapa tahun lalu, sebagaimana detikINET kutip dari Bloomberg, Selasa (24/4/2018). Meski begitu, Amazon baru mulai menggarapnya secara agresif tahun ini. Salah satunya tampak dari terdapatnya sejumlah lowongan pekerjaan di Lab126, seperti untuk posisi Software Engineer dan Principle Sensors Engineer.

Ilustrasi robot.Ilustrasi robot. Foto: Yugov

Perusahaan besutan Jeff Bezos ini dikabarkan akan menempatkan robot itu di beberapa rumah karyawannya pada akhir tahun ini. Sedangkan pada 2019 mendatang, giliran para pelanggan yang dapat mencicipi robot tersebut. Meski begitu, jadwal tersebut masih sangat mungkin untuk berubah.

Masih belum jelas apa yang akan menjadi tugas utama robot Vesta ini. Sebuah sumber menyebutkan bahwa robot tersebut akan menjadi wujud nyata dari virutal assistant Amazon yang bernama Alexa, sehingga mampu menemani penggunanya saat mereka tidak memiliki perangkat Echo. Dikabarkan, prototipe dari robot tersebut memiliki kemampuan bergerak layaknya mobil otonom.



Untuk menggarap proyek Vesta, Amazon memercayai Max Paley, mantan Vice President of Graphics, Audio and Video Mac dari Apple, sebagai pemimpinnya. Paley, yang bergabung dengan Lab126 pada 2012 lalu, sejatinya menjabat sebagai Vice President Computer Vision Product di sana. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed