Sabtu, 21 Apr 2018 22:10 WIB

Callind, Aplikasi Lokal Pesaing WhatsApp Resmi Diluncurkan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Prosesi peluncuran aplikasi Callind di Jakarta. Foto: kominfo Prosesi peluncuran aplikasi Callind di Jakarta. Foto: kominfo
Jakarta - Bertepatan dengan Hari Kartini, aplikasi messaging lokal Callind yang digadang-gadang pesaing WhatsApp ini, akhirnya resmi diluncurkan.

Dirintis 2016, Callind yang adalah buah karya dari Novi Wahyuningsih, gadis asal Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kebumen. Nuansa peringatan Hari Kartini menjadi momentum peluncuran resmi aplikasi buatannya itu.

Novi menjelaskan bahwa Callind adalah aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna kirim pesan secara privat, broadcast message, kirim foto, hingga video call. Callind yang merupakan singkatan Calling Indonesia sudah ada di Play Store. Sampai saat ini, kata Novi, Callind sudah dipakai sekitar 350 ribu pengguna smartphone Android.

"Ditargetkan lima juta pada tahun 2018," katanya dalam keterangan tertulis saat launching di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Disampaikannya, Callind dapat digunakan untuk menemukan sesama pengguna dalam radius 100 kilometer, meski belum saling terhubung sebagai kontak.



"Semoga bisa benar-benar diterima di Indonesia dan bahkan merajai di negeri sendiri. Selain itu, bisa juga digunakan oleh masyarakat di dunia. Target 50 juta pengguna dalam tiga tahun semoga juga bisa tercapai," ujarnya dengan optimis.

Callind, Aplikasi Lokal Pesaing WhatsApp Resmi DiluncurkanFoto: Rinto Heksantoro/detikcom


Callind bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan pemasaran bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Aplikasi ini menggabungkan beragam platform, mulai aplikasi pesan pribadi, forum, komunitas, iklan, dan jual beli produk.

"Kami sedang dalam proses pengembangan kerja sama dengan beberapa UMKM yang bergerak di sektor retail yang ada di daerah nasional harapan kami bisa kerja sama dengan UMKM di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Novi mengungkapkan bahwa aplikasi buatannya masih butuh beberapa pembenahan dan perbaikan sistem, serta pengenalan ke publik. Untuk itu, dia berharap saran dan kritik dari masyarakat agar Callind bisa semakin baik.

"Kami menyediakan media komunikasi dengan harapan bisa bermanfaat dan menjadi raja di negeri sendiri," katanya.

Gunakan Aplikasi Dalam Negeri

Saat ini ada 143 juta pengguna internet di Indonesia. Hampir sebagian besar pengguna internet itu menggunakan berbagai aplikai, baik itu media sosial, messaging, chat dan aplikasi lain.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pun mengajak pengguna internet di Tanah Air untuk menggunakan aplikasi lokal. Hal itu, disampaikannya melalui pesan video yang diputar dalam peluncuran Callind.

Sambutan Menkominfo Rudiantara dalam sebuah video.Sambutan Menkominfo Rudiantara dalam sebuah video. Foto: kominfo


"Seperti yang hari ini diluncurkan aplikasi media sosial, mesengger, komersil yang disebut Callind yang dikembangkan oleh Mbak Novi dan timnya bertepatan dengan Hari Kartini," ungkapnya.

Menurut Menkominfo, kehadiran aplikasi besutan anak negeri ini menunjukkan telah lahir kartini baru muda. "Kartini zaman now, yang tidak hanya bergelut dengan kesetaraan antara wanita atau pria atau gender. Tapi, bisa memberikan nilai tambah bagi bangsa ini," tandasnya.

Pada peluncuran Callind ini, dihadiri oleh Komisaris Utama PT Telkom Indonesia Tbk yang juga ekonom asal Kebumen Hendri Saparini, Sekjen Kementerian Kominfo, Farida Dwi Cahyarini mewakili Menteri Kominfo Rudiantara.

"Banyak aplikasi yang digunakan pengguna internet, apakah itu media sosial, messaging. Mereka menggunakannya berjam-jam," kata Menteri Rudiantara.



Pola penggunaan seperti itu dinilai Menkominfo, tidak ada salahnya. Namun, ia lebih mengkritisi bahwa pengguna internet di Indonesia lebih banyak menggunakan aplikasi asing ketimbang aplikasi lokal.

"Tidak ada salahnya, namun kalau kita lihat semua menggunakan aplikasi perusahan intenasional, perusahaan asing. Padahal banyak aplikasi media sosial, messaging yang dikembangkan anak muda Indonesia," tuturnya.

Menteri Rudiantara mendorong agar pengembang aplikasi di Indonesia dapat menyesuaikan aplikasi.

"Tidak bisa dimungkiri bahwa aplikasi internasional menimbulkan kesan yang mudah penggunaannya lebih user friendly, karenanya saya mengajak kepada siapapun yang mengembangkan aplikasi-aplikasi di Indonesia selalu meng-upgrade aplikasinya agar disesuaikan dengan kebutuhan pasar ini," tuturnya. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Senin, 24 Sep 2018 14:29 WIB
    Game Spider-man sedang memikat para pemilik PS4 di seluruh dunia. Realistisnya game itu dapat apresiasi besar, termasuk ketika memunculkan momen bukan muhrim.
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.