BERITA TERBARU
Kamis, 19 Apr 2018 14:40 WIB

Google Street View Mulai Rekam 'Jalan Tikus' di Jakarta

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Nhazlisham Hamdan, Street View Ops Lead Google. (Foto: Imron Rosyadi) Nhazlisham Hamdan, Street View Ops Lead Google. (Foto: Imron Rosyadi)
Jakarta - Sering kesulitan mencari jalan pintas lewat gang-gang sempit? Google punya jawabannya.

Setelah memperkenalkan rute bagi pengendara motor di Google Maps, kali ini raksasa perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut mulai melengkapinya dengan proyek dari Google Street View. Dalam proyek tersebut, mereka berusaha untuk membongkar 'jalan tikus' yang menggurita di Ibu Kota.

Google Street View merupakan layanan yang memberikan gambaran 360 derajat terhadap sebuah lokasi di seluruh dunia. Untuk melengkapi portfolionya, Google pun memanfaatkannya dengan merekam foto secara panorama di berbagai gang-gang kecil di Jakarta.


Jason Tedjasukmana, Head of Communication Google Indonesia, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara pertama yang mencicipi layanan anyar dari Street View tersebut. Ia menambahkan, ini merupakan aksi lanjutan setelah Indonesia telah mendapatkan fitur rute bagi pengendara motor di Google Maps Maret lalu.

Jason Tedjasukmana, Head of Communication Google IndonesiaJason Tedjasukmana, Head of Communication Google Indonesia. (Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi)


"Jadi ini bisa memperkaya data di Google Maps. Orang-orang bisa melihat dulu bagaimana kondisi jalan hingga ke jalan-jalan kecil sebelum bepergian," ujarnya, saat wawancara ekslusif dengan detikINET, Kamis (19/4/2018).


Nhazlisham Hamdan, Street View Ops Lead Google, menuturkan bahwa saat ini pihaknya masih fokus di kawasan Jakarta. Ia memperkirakan, layanan ini bisa diselesaikan kurang lebih seperti tampilan Street View untuk jalan-jalan utama yang memakan waktu dua tahun di Indonesia.

"Kami berusaha untuk menyelesaikannya secepat mungkin agar bisa langsung disediakan di Google Maps. Dari Jakarta, mungkin kita akan lanjut ke Bandung, Surabaya, dan kota-kota lain di Indonesia," katanya.

Pria yang kerap disapa Nhaz ini mengungkapkan bahwa ini menjadi salah satu proyek prioritas Google di Indonesia. Ia pun menargetkan agar dapat menjangkau seluruh daerah di Tanah Air, termasuk pulau-pulau kecil yang tersebar di Indonesia. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed