Kamis, 19 Apr 2018 13:21 WIB

Keren! Toko Furniture Ini Punya Gerbang Kasir Otomatis

Adi Fida Rahman - detikInet
Kecanggihan toko furniture di China. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Kecanggihan toko furniture di China. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hangzhou, China - Ketika e-commerce makin menjadi pilihan masyarakat, toko konvensional di China tak lantas mengeluh. Mereka pilih membenahi diri dengan mengadopsi teknologi agar tetap bertahan di sengitnya persaingan.

Seperti dilakukan Home Times, toko furniture yang berada di pusat perbelanjaan In City di Hangzhou. Selain membuka toko online, mereka mengadopsi teknologi ritel yang menggabungkan offline dan online yang dibuat Alibaba bernama Tmall.

Keren, Toko Furniture Ini Punya Gerbang Kasir OromatisFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Teknologi ini dapat memberikan masukan pada produk pilihan pelanggan berdasarkan analisis perilaku dan pilihan pelanggan dalam radius delapan kilometer dari toko. Alhasil dapat memangkas waktu Home Times dalam mencari furnitur yang akan dijual.



Selain itu di dalam toko fisiknya, tiap barang memiliki label harga elektronik. Label tersebut singkron dengan harga yang ada di toko online mereka.

"Jadi ketika ada diskon di toko online, label ini secara otomatis berubah sendiri mengikuti. Jadi online offline tetap sama harganya," jelas Lai Ka, Manager Store Home Times.

Dalam label juga disertakan QR Code. Tujuannya pengunjung dapat menscan untuk melihat spesifikasi suatu barang dan kemudian membeli di toko online Home Times. Barang yang dibeli kemudian dikirimkan ke tujuan.

Untuk menyiasati kurang luasnya area display barang, Home Times lantas memajang perangkat layar sentuh besar yang dapat memajang aneka produk secara virtual. Pembeli dapat memilih barang dan melihat bagaimana bila diaplikasikan pada ruangan.

Keren, Toko Furniture Ini Punya Gerbang Kasir OromatisFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Bila tertarik, konsumen tinggal scan barcode barang yang akan dibeli. Barang kemudian akan dihantar ke tujuan yang telah ditentukan pelanggan.

Tapi paling menarik adanya perangkat gerbang kasir otomatis. Bentuknya seperti gate ketika akan masuk ke gedung perkantoran.

Gerbang kasir otomatis ini baru dipasang beberapa hari lalu oleh Home Times. Pihaknya bersama Alibaba tengah mengujicobanya guna memberikan kemudahan dan pengalaman baru bagi pelanggan saat berbelanja.



Cara kerjanya, ketika konsumen telah mengambil semua barang di etalase, lalu di masuk ke gerbang tersebut. Perangkat akan memindai barang apa saja yang dibawa pelanggan.

Total pembelanjaan dan barcode pembayaran lantas tampil di layar. Pelanggan cukup melakukan pembayaran dengan Alipay. Bila proses pembayaran selesai, pintu gerbang akan terbuka.

"Mudah dan cepat kan," pungkas Ka.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui seperti apa kerennya gerbang kasir otomatis di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed