BERITA TERBARU
Kamis, 19 Apr 2018 09:01 WIB

Shopee Ingin Selamanya Gelar Flash Sale dan Gratis Ongkir

Moch Prima Fauzi - detikInet
Ilustrasi Shopee. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Ilustrasi Shopee. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Shopee dikenal sebagai e-commerce yang rajin memberikan promo gratis ongkos kirim dan flash sale dengan harga miring. Kedua strategi itu diakui Shopee sebagai strategi jangka panjang dalam menggaet pasar.

"Sampai saat ini iya. Karena saat ini menjadi marketing tools yang menurut kita sangat bernilai. Pada dasarnya kembali lagi gratis ongkir itu pesan kita yang kita bawa dari awal ternyata sangat menarik buat konsumen kita," ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, di Jakarta, Rabu (18/4).

Lantas sampai kapan Shopee akan memakai strategi tersebut? Untuk hal ini Rezki tak secara pasti memberikan jawaban. Hanya saja, menurutnya strategi itu dibutuhkan agar e-commerce bisa lebih berkembang.



"Sampai selamanya kalau bisa, cuma kita dalam keadaan e-commerce yang harus terus berkembang jadi masih harus ada," imbuhnya.

Cara jualan dengan menggelar flash sale diakui Rezki memang lebih cepat laris ketimbang tanpa flash sale. Hanya saja ia tak bisa memberikan rincian detail, berapa persen perbedaan di antara keduanya.

Ia memberikan contoh, penjulan smartphone Honor 9 Lite yang beberapa waktu lalu dijual secara flash sale. Dia mengatakan, sebanyak 2.000 unit ludes terjual dalam waktu satu menit.

Shopee Ingin Selamanya Gelar Flash Sale dan Gratis OngkirRezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee. Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET


Menurutnya, orang yang berbelanja tanpa flash sale biasanya hanya mencari barang tertentu. Sementara orang berbelanja di flash sale adalah yang memiliki hobi belanja online.

"Pasti cepat terjual karena spesial harga. Kalau yang non-flash sale orang yang sedang mencari barang tertentu. Tapi kalau flash sale itu untuk orang yang memang hobi belanja online," ujarnya.

Adapun kriteria produk yang di-flash sale di Shopee harus memiliki jumlah yang mencukupi tingkat permintaan konsumen. Selain itu, kata Rezki, penjualan pun harus memiliki reputasi yang baik karena barang yang dipesan harus cepat dikirim kepada konsumen.



"Sebisa mungkin (seller) official karena sudah jadi official seller itu sudah punya kuota sendiri," imbuh dia. Sejauh ini Shopee telah memiliki jumlah penjual sebanyak 1,6 juta dengan jumlah penjual di Shopee Mall (official) sebanyak 1000 seller. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed