Selasa, 17 Apr 2018 20:25 WIB

Pelanggan Kena Tipu Beli iPhone X, Ini Tanggapan OLX

Josina - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandini Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -
OLX Indonesia akhirnya menanggapi kasus penipuan iPhone X yang membuat seorang karyawati asal Jakarta kehilangan uang belasan juta rupiah.

Awalnya, karyawati bernama Adita ini menemukan iklan iPhone X dengan harga miring di OLX. Pada iklan tersebut harga yang ditawarkan Rp 11.350.000, setelah akhirnya melakukan nego ia pun dapat harga Rp 11.000.000.

Seperti diketahui, harga normal iPhone X di Jakarta biasanya mencapai Rp 15.000.000. Hal inilah yang mendasari Adita tergiur untuk membelinya di OLX dengan cara transfer langsung ke sang penjual.

Dipaparkan Adita, ia akhirnya percaya untuk transfer karena penjual terkesan begitu meyakinkan. Sang penjual mengirimkan data KTP hingga membuat rekaman video dari packing hingga pengiriman di JNE.

Namun sayangnya, setelah uang ditransfer, ia mendapatkan nomor resi serta KTP penjual yang ternyata bodong. Nomor ponselnya pun langsung diblokir oleh si penjual.

Dengan segera Adita langsung melakukan segala cara berharap agar uangnya kembali. Mulai dari melapor polisi hingga meminta bantuan ke pihak OLX. Namun menurut Adita, ia sulit untuk menghubungi customer service OLX.

Tanggapan OLX

Kejadian ini pun akhirnya direspons OLX Indonesia melalui Amelia Virginia, Public Relation & Social Media Manager. Melalui email, dia memberikan jawaban seperti ini:

OLX Indonesia hendak menanggapi beberapa hal terkait pemberitaan Tergiur iPhone X Murah di OLX, Karyawati ini Tertipu Belasan Juta. Beberapa fakta dan tanggapan kami, sebagai berikut:

Tidak ada nomor customer service yang bisa dihubungi
Kami telah menyediakan link pusat bantuan di mana pengguna dapat membaca beberapa keterangan tentang kami, pada platform resmi milik OLX. Di situ, kami juga menyediakan link untuk langsung menghubungi tim Customer Service. Selain itu, kami pun menyediakan tombol [Laporkan Iklan] agar pengguna dapat dengan mudah melaporkan iklan yang mencurigakan.

Fitur yang menyaring iklan penipu
OLX adalah platform iklan baris online yang fokus pada jual-beli barang bekas. Untuk itu kami selalu menyarankan pengguna agar melakukan CoD dan tidak melakukan transfer sebelum pembeli melihat langsung kondisi barang. Kami juga telah menuliskan artikel di Pusat Bantuan tentang hal ini.

Akun penjual mulai berjualan sejak Juli tahun 2017
Akun tersebut dibuat pada bulan Juli tahun lalu, bukan berjualan sejak bulan Juli tahun lalu.
(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed