Sabtu, 14 Apr 2018 12:45 WIB

Wow! Engineer Jepang Bikin Robot 'Gundam' Sungguhan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Jakarta - Tumbuh bersama Gundam, membuat Masaaki Nagumo punya mimpi dapat masuk ke dalam robot dan mengoperasikannya. Nah hebatnya dia berhasil mewujudkan impiannya itu jadi kenyataan.

Berbekal kemampuannya sebagai seorang engineer, pria yang berasal dari Jepang ini membuat sebuah robot humanoid raksasa yang terinspirasi film Mobile Suit Gundam. Dia menjuluki robotnya itu dengan nama LW-Mononofu.

"Saya pikir ini dapat berubah menjadi peluang bisnis," kata Nagumo, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (14/4/2018).

Wow! Engineer Jepang Bikin Robot 'Gundam' SungguhanFoto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Robot besutan pria berusia 44 tahun ini tinggi 8,5 meter. Sementara bobotnya mencapai 7 ton. LW-Mononofu punya kokpit dengan monitor dan pengungkit untuk pilot mengontrol lengan serta kaki robot.

"Sebagai robot yang terinspirasi dari anime dan bisa ditunggangi ini adalah yang terbesar di dunia," klaim Nagumo.

Nagumo sendiri membuat robot raksasanya itu Sakakibara Kikai, sebuah pabrik alat pertanian di desa Shinto, Prefektur Gunma, Jepang. Sakakibara Kikai sendiri telah menciptakan sejumlah robot sebelumnya, seperti Landwalker yang punya tinggi 3,4 meter, Kid walker Cyclops yang berukuran kecil dan MechBoxer sebuah robot tinju.

Wow! Engineer Jepang Bikin Robot 'Gundam' SungguhanFoto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Tapi dari semua robot yang pernah lahir dari pabrik mereka, LW-Mononofu paling perkasa dan paling gesit. Sebab dia bisa melakukan gerakan yang kompleks.

Robot ini bisa menggerakan jarinya, memutar bagian atas tubuhnya serta berjalan maju dan mundur. LW-Mononofu punya tangan yang cukup mumpuni. Saat melempar bola kekuatannya mencapai 140 kph.

Kendati begitu ketika berjalan robot ini masih lambat. Kecepatan yang dipunyai hanya 1 km per jam. Sayangnya kita tidak bisa melihatnya di jalanan. Karena LW-Mononofu tidak bisa meninggalkan pabrik tanpa lantaran ukurannya terlalu besar ketimbang pintu masuk gedung tempat dia dibuat.

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed