Rabu, 11 Apr 2018 23:47 WIB

Genap 6 Tahun, Tantangan Berat Menanti Lazada

Adi Fida Rahman - detikInet
Lazada Indonesia. Foto: Irna Prihandini/detikINET Lazada Indonesia. Foto: Irna Prihandini/detikINET
Jakarta - Genap enam tahun, Lazada telah mampu menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Dengan pencapaian tersebut, adakah tantangan yang masih dihadapi mereka?

Pertanyaan tersebut detikINET sodorkan ke pihak Lazada Indonesia. Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri pun menjawab, negara kita memiliki wilayah yang cukup besar, dan logistik masih menjadi masalah utama mereka.

"Karena Indonesia cukup besar, ongkos kirim sangat mahal. Ini tantangan tidak hanya bagi Lazada, tapi e-commerce lain," ungkap Achmad saat ditemui usai ulang tahun ke-6 Lazada Indonesia di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Saat ini banyak pemain e-commerce yang coba memberikan subsidi biaya pengiriman. Tapi bila hal tersebut dilakukan terus-menerus tidak akan kuat. Untuk mengatasi masalah tersebut Lazada tengah melakukan pembicaran dengan pemain logistik.

"Sekarang kami lagi melakukan pembicaraan dengan pemain logistik supaya dapat bekerjasama untuk memeratakan online shopping ke seluruh Indonesia. Memberikan akses yang rata ke daerah-daerah menjangkau online shoping dengan me-minimize biaya pengiriman," papar Achmad.

Terobosan

Selayaknya perusahaan pada umumnya, Lazada turut melakukan beragam terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi penjual dan pembeli. Paling baru mereka meluncurkan aplikasi Seller Center yang mempermudah penjual memajang dagangannya.

"Adanya seller app untuk memudahkan berjualan. Seller tidak perlu membuka laptop lagi untuk mem-posting dagangannya, cukup dari ponsel," jelas Achmad.

Sementara aplikasi untuk konsumen turut pula dipermak tampilannya sehingga mengedepankan display barang. Saat ini Lazada menambahkan sejumlah fitur guna meningkatkan interaksi penggunanya, salah satunya Shake Shake. Cukup sering-sering menggoyangkan ponsel, konsumen berkesempatan mendapatkan promo.

Saat ini Lazada memiliki 50 ribu penjual yang tersebar di seluruh Indonesia. Kondisi ini membuat mereka menambah gudangnya guna menampung barang para penjualnya.

"Saat ini kami punya enam gudang yang tersebar di lima kota, yakni di Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Makassar," tutup Achmad. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed