BERITA TERBARU
Rabu, 11 Apr 2018 23:24 WIB

UKM Indonesia Go International, Kirim Satu Kontainer Setiap Pekan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Rachman Haryanto/detikcom Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Sebanyak satu kontainer produk UKM Indonesia siap dikirim Lazada ke luar negeri. Tujuannya ke negara Singapura dan Malaysia.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri menjelaskan pihaknya membesut program Go Global agar UKM di Tanah Air naik kelas.

Hal pertama yang mereka lakukan yakni mendorong pelaku UKM dari offline ke online, selanjutnya meningkatkan skalanya dari kecil ke besar. Setelah itu mereka didorong untuk ke kancah yang lebih luas, yakni pasar global.

Program ini sudah akan terealisasi sesuai rencana. Penandanya akan dikirimkan kontainer pertama produk UKM Indonesia ke dua negara tetangga.

"Rencananya awal Mei nanti kami mengirimkan produk dari 150 pelaku UKM lokal," kata Achmad saat ditemui usai konferensi pers ulang tahun ke-6 Lazada Indonesia di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dipilihnya kedua negara tadi lantaran jaraknya yang dekat dari Indonesia. Selain itu di kedua negara ini, banyak orang Indonesia yang tinggal. Tapi tidak menutup kemungkinan jumlah negara tujuan akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan.

"Pipeline-nya dalam tahun ini akan ada negara lain," ungkap Achmad.

Lebih lanjut dijelaskannya UKM yang produknya diangkut ke Malaysia dan Singapura bukan sembarang. Pihaknya telah memilih terlebih dulu pelaku UKM mana yang akan diboyong. Kriteria yang digunakan punya kapasitas produksi besar dan mampu menjaga kontinuitasnya.

Lalu Lazada melakukan kurasi di negara tujuan. Barang-barang apa saja yang diminati dan bagaimana demand-nya.

"Intinya pilah-pilih seller-nya. Itu proses yang cukup sulit," ujar Achmad.

Untuk batch pertama kebanyakan produk fashion dan kerajinan tangan. Lazada Malaysia dan Singapura akan memajangnya di laman khusus dinamai Indonesia Corner.

Lazada mengatakan pengiriman ini akan rutin dilakukan setiap Jumat tiap minggunya. Setibanya di negara tujuan, barang akan disimpan dan akan dikemas langsung dari gudang Lazada di Malaysia dan Singapura.

Selain menyalurkan produk ke pasar global, Lazada akan menggelar seminar dan workshop untuk pelaku UKM agar dapat meng-upgrade diri. Rencananya mereka akan mendatangkan sejumlah narasumber dari Taobao University.

"Rencananya digelar 24 April ini, para narasumber dari Taobao akan memberikan tips bagaimana men-scale up usaha," terang Achmad. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fotostop: Biru Kuis

    Fotostop: Biru

    Jumat, 27 Apr 2018 10:41 WIB
    Warna biru memberikan kesan menenangkan, tenang dan juga damai. Warna biru pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. Yuk ikutan kuis fotostop detikINET.
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.