Minggu, 08 Apr 2018 12:43 WIB

Alter Ego, Perangkat yang Bisa Baca Pikiran

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan perangkat wearable bernama AlterEgo yang punya keahlian bisa membaca pikiran.

Sebenarnya AlterEgo tak benar-benar bisa membaca pikiran. Perangkat ini 'membaca pikiran' melalui beberapa gerakan non verbal manusia, melalui sensor-sensor yang ada di dalamnya.

AlterEgo terdiri dari sebuah alat yang terpasang di telinga, rahang lalu tersambung sampai ke bawah mulut, serta sebuah sistem komputer. Ia mempunyai elektroda yang bisa mendeteksi sinyal neuromuscular di rahang dan wajah yang terjadi karena adanya verbalisasi internal, alias berbicara dalam hati.



Sinyal-sinyal ini tak bisa terlihat oleh mata manusia, namun sensor di AlterEgo bisa mengenali gerakan tersebut. Sinyal yang terdeteksi itu kemudian dikirimkan ke sistem machine learning yang menganalisa data, dan menghubungkan sinyal-sinyal tertentu dengan kata yang tepat.

"Ide awal kami adalah: bisakah kita mempunyai platform komputasi yang lebih internal, yang menghubungkan manusia dan mesin dengan sesuatu cara dan itu terasa seperti ekstensi internal dalam kognisi kita?" ujar Arnav Kapur, mahasiswa pascasarjana di MIT Media Lab dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, AlterEgo berkomunikasi dengan penggunanya menggunakan sepasang headphone bone-conducting, yaitu headphone yang mengirimkan suara ke pengguna melalui getaran di belakang telinga, yang efektif mengirimkan suara tanpa menginterupsi atau mengganggu pendengaran penggunanya.



AlterEgo diuji dalam beberapa pekerjaan yang berbeda namun dibatasi penggunaannya pada 20 kata. Saat ini kemampuannya memang masih terbatas, yaitu dari 20 kata tersebut. Dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (7/4/2018), AlterEgo baru mempunyai akurasi sebesar 92%.

Tim penelitinya berharap akurasi ini akan terus membaik seiring berjalannya waktu. Nantinya, mereka berharap headset ini bisa dipakai untuk memilih film yang akan ditonton di televisi tanpa perlu menekan tombol atau pun mengucapkan perintah.



(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed