Gara-gara Mark Zuckerberg, Facebook Rilis Fitur Unsend di Messenger

Gara-gara Mark Zuckerberg, Facebook Rilis Fitur Unsend di Messenger

Josina - detikInet
Sabtu, 07 Apr 2018 19:31 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Mark Zuckerberg dan sejumlah eksekutif senior Facebook dilaporkan telah diam-diam menghapus sejumlah pesan pribadinya. Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah pengguna Facebook yang pernah berkomunikasi dengan Zuck melalui aplikasi Mesengger.

Seperti dilansir detikINET dari Tech Crunch Sabtu, (7/4/108), tiga sumber yang mengatakan bahwa pesa-pesan yang pernah mereka terima dari Zuck tiba-tiba menghilang dari kotak masuk mereka, sementara balasan pesan mereka sendiri tetap masih ada.

Untuk memastikannya, mereka pun mengecek email dan menemukan bukti kuat jika mereka memang benar telah berkomunikasi dengan Zuck pada tahun 2010 silam.

Mendapatkan laporan seperti ini, Facebook pun beralasan jika penghapusan tersebut merupakan tindakan keamanan setelah adanya serangan siber ke studio Sony Pictures di Hollywood, 24 Novermber 2014 lalu.


"Setelah email Sony Pictures diretas pada tahun 2014 kami membuat sejumlah perubahan untuk melindungi komunikasi para eksekutif kami. Ini termasuk membatasi periode retensi untuk pesan Mark di Messenger. Kami melakukannya dengan kepatuhan penuh dengan kewajiban hukum kami untuk menjaga pesan." ujar Juru bicara Facebook.

Namun sayangnya Facebook tidak pernah secara terbuka mengungkapkan penghapusan pesan dari kotak masuk pengguna, atau secara pribadi menginformasikan kepada penerima.


Hal tersebut menimbulkan pertanyaan banyak pengguna apakah ini merupakan pelanggaran kepercayaan pengguna.

Seperti diketahui pengguna Facebook yang kini mencapai 1,3 miliar selama melakukan percakapan di Messenger tidak memiliki fitur menarik pesan yang telah dikirim. Pengguna memang bisa menghapus pesan sendiri namun pesan yang sudah dikirim masih tetap ada di kotak masuk si penerima.


Rilis Fitur Unsend

Ketahuannya Zuck menghapus pesan yang telah dikirimnya ke pengguna secara diam-diam membuat langkah Facebook hadirkan fitur 'Unsend' pada aplikasi Messenger-nya.

Facebook segera memberikan tanggapan untuk tidak lagi menghapus pesan yang dikirim oleh para eksekutif Facebook, dan berjanji akan merilis fitur hapus pesan terkirim ke penggunanya secara umum.

"Kami sedang mendiskusikan akan mebuat fitur hapus pesan ini untuk tersedia lebih luas. Namun mungin ini akan memakan waktu, dan sambil menunggu fitur ini siap, kami tidak akan lagi menghapus pesan para eksekutif," jelas Facebook.

Seperti layanan Facebook lainnya dari WhatsApp dan juga Instagram masing-masin aplikasi ini juga memiliki fitur menarik pesan yang sudah dikirim. (mag/mag)