Asisten Virtual BRI Bisa Diajak Ngobrol di WhatsApp

ADVERTISEMENT

Asisten Virtual BRI Bisa Diajak Ngobrol di WhatsApp

Moch Prima Fauzi - detikInet
Selasa, 03 Apr 2018 07:45 WIB
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta - Asisten virtual Sabrina milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memiliki kemampuan baru berupa dukungan suara. Sebelumnya Sabrina hanya mendukung fitur chatting (teks) saja.

Melalui fitur baru ini pengguna bisa mendapatkan beragam kemudahan untuk mencari informasi seputar produk atau layanan BRI serta melakukan transaksi seperti memesan tiket bioskop.

"Yang ingin kami sampaikan hari ini adalah tentang bagaimana Sabrina (Smart Virtual Assistant Bank BRI) akan ada juga via voice jadi sangat mempercepat layanan pencarian informasi tentang BRI, info promonya, bantuan dan lainnya," ujar Kaspar Situmorang, EVP Digital Center of Excellence BRI, di Jakarta, Senin malam (2/4/2018).

Asisten Virtual BRI Bisa Diajak Ngobrol di WhatsAppFoto: Moch Prima Fauzi/detikINET



Selain telah tersedia untuk layanan Messenger dan Telegram, Sabrina juga akan hadir melalui tambahan platform lain yaitu WhatsApp. Kaspar mengungkap fitur Sabrina di WhatsApp akan hadir pada akhir April ini.

"Sekitar tanggal 20 Januari lalu kita sudah launching Sabrina di Messenger. Nanti April ini akan tersedia juga di platform lain yakni WhatsApp," imbuhnya.

Untuk menggunakan Sabrina di Messenger dan Telegram pengguna cukup mengikuti (follow) akun Bank BRI atau dengan melakukan input @BANKBRI_ID_BOT.

Sementara itu, Direktur Digital Banking dan Operasi BRI, Indra Utoyo mengatakan, diharapkan ke depannya Sabrina bisa semakin cerdas karena berbasis kecerdasan buatan (AI).


Asisten Virtual BRI Bisa Diajak Ngobrol di WhatsAppDirektur Digital Banking dan Operasi BRI Indra Utoyo Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET



Untuk saat ini kemampuannya baru sebagai pemberi informasi. Ke depannya, Indra mengungkap tak menutup kemungkinan Sabrina akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan.

"Tentunya diharapkan akan terus semakin lama semakin belajar, menjawabnya lebih pintar, pertanyaan-pertanyaan juga makin banyak direspons," ujar Indra di sela acara peluncurannya.

Indra mengungkap kehadiran Sabrina beserta fitur barunya ini bisa meningkatkan produktivitas BRI dalam merespons layanan pelanggan jika diandingkan dengan manusia.

Asisten Virtual BRI Bisa Diajak Ngobrol di WhatsAppFoto: Moch Prima Fauzi/detikINET


Selain meluncurkan adanya fitur baru di Sabrina, Bank BRI juga turut mengumumkan tampilan baru dari website BRI.co.id yang lebih dinamis dan segar.

Dengan adanya tampilan baru itu, halaman resmi BRI diharapkan bisa lebih responsif, lebih mudah digunakan, serta memberikan informasi secara kontekstual.

Bank BRI juga mengumumkan kerja sama dengan tiga e-commerce di Indonesia yakni Bukalapak, Blanja.com, serta Lazada. Ketiganya digandeng untuk peluncuran platform Indonesia Mall milik BRI.

Indonesia Mall bakal menjadi wadah bagi para UMKM nasabah BRI dan juga UMKM binaan BUMN. Produk yang dijual di Indonesia Mall diharapkan bisa mendorong kesuksesan pelaku UMKM di Indonesia bahkan mancanegara. (afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT