Senin, 02 Apr 2018 23:32 WIB

Snapchat Serang Facebook Lewat April Mop

Anggoro Suryo Jati - detikInet
CEO Snapchat Evan Spiegel bersama sang istri, supermodel Miranda Kerr. (Kevork Djansezian/Getty Images) CEO Snapchat Evan Spiegel bersama sang istri, supermodel Miranda Kerr. (Kevork Djansezian/Getty Images)
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor
Jakarta - Memanfaatkan momen April Mop, Snapchat menyerang Facebook yang kini posisinya sedang tak bagus karena sejumlah kasus yang menderanya, seperti peredaran hoax dari Rusia dan privasi data Cambridge Analytica.

Snapchat membuat sebuah filter yang didesain untuk menciptakan ulang sebuah postingan Facebook, lengkap dengan bot Rusia yang me-like postingan tersebut. Filter itu menggunakan tampilan antarmuka Facebook di sekitar foto, dengan font yang mirip dengan huruf sirilik.



Penggunaan font mirip huruf sirilik jelas-jelas mengacu ke Rusia, yaitu keberadaan 50 ribu bot di Facebook yang terkait dengan pemerintahan Rusia. Puluhan ribu bot tersebut dipakai untuk mempengaruhi pemilih pada Pilpres AS 2016 lalu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (2/4/2018).


Kemudian ada juga sindiran 'your mum' pada orang yang memberikan 'like' pada foto tersebut. Ini maksudnya adalah Snapchat meledek pengguna Facebook yang umumnya sudah tua, ejekan serupa digunakan Snapchat ke Instagram pada April Mop 2017 lalu. Filter Snapchat ini hanya tersedia selama satu hari, yaitu 1 April.



Selain ejekan ini, Snapchat baru-baru ini juga memperkenalkan desain baru untuk melawan Instagram, terutama setelah CEO Snap Evan Speigel dikabarkan frustrasi karena Facebook terus-terusan mencuri fitur dan ide Snapchat selama bertahun-tahun. (rou/rou)
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor