BERITA TERBARU
Sabtu, 31 Mar 2018 16:47 WIB

Kim Jong-un Berkunjung, China Blokir Medsos

Australia Plus ABC - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
China - Kunjungan rahasia pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Beijing, China pekan ini membuat para pengguna internet mencari cara menyiasati sensor seiring dengan media China yang dikontrol ketat pemerintah tidak memberitakan kunjungan tersebut sampai Kim Jong-un pergi.

Ketika orang-orang di media sosial mencoba untuk berspekulasi tentang siapa tokoh yang berkunjung di tengah langkah pengamanan yang sangat ketat, cuitan mengenai Korea Utara di sejumlah platform media sosial utama telah diblokir.

Tidak ada satu artikel apapun terkait Korea Utara yang diunggah di akun terkemuka aplikasi berbagi pesan populer WeChat, sementara penelusuran menggunakan istilah "Korea Utara" di platform microblog populer di China, Weibo juga telah diblokir.

"Mereka telah menghapus artikel apa saja yang berkaitan dengan Korea Utara selama beberapa hari terakhir," kata seorang warga China yang mengedit sebuah akun daring mengenai Korea Utara pekan ini.

"Sangat sulit bagi kami untuk mengunggah materi di akun publik kami."

Kim Jong-un Berkunjung, China Blokir MedsosFoto: Australia Plus ABC



Dalam upaya untuk menyiasati sensor ketat ini, pengguna internet menggunakan nama panggilan untuk pengunjung misterius itu, termasuk, "Si gendut di kereta" dan, "pasien obesitas", serta istilah lain seperti, "pengunjung dari timur laut "dan," saudara kandung sebelah ".

Tapi pencarian berikutnya menunjukkan pihak berwenang China dengan cepat menindak nama-nama panggilan ini juga.

Para pengguna internet berusaha untuk tetap menyiasati perkembangan ini, dengan mengedarkan video dari iring-iringan mobil yang berkeliling Beijing dan memasuki Beijing Diaoyutai State Guest House, dan berspekulasi tentang tokoh misterius itu sedang melakukan kunjungan ke sejumlah situs termasuk Zhongguancun, salah satu pusat teknologi China.

Cyberspace Administration of China, otoritas yang mengatur internet di negara itu, tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar mengenai penyensoran ini.

Kementerian propaganda China merilis pemberitahuan pada hari Senin (26/3/2018) yang melarang media di negaranya melaporkan berita yang berkaitan dengan Korea Utara, demikian dikatakan seorang wartawan yang bekerja untuk media milik pemerintah China.

Seorang editor di media milik pemerintah China lainnya mengatakan mereka diarahkan oleh atasan mereka untuk tidak meliput pembahasan mengenai kunjungan oleh seorang warga Korea Utara.

Pada Rabu (28/3/2018), sebuah media pemerintah China akhirnya mengkonfirmasi kunjungan Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, dan mengatakan itu adalah perjalanan tidak resmi selama 3 hari dari Minggu (25/3/2018) hingga Rabu (28/3/2018).

Kim Jong-un Berkunjung, China Blokir MedsosFoto: KCNA/via Reuters


Perjalanan itu adalah perjalanan keluar negeri pertama Kim Jong-un yang diketahui sejak ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011 dan dipercaya oleh para analis sebagai persiapan untuk KTT yang akan datang dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Dia melakukan perjalanan ke Beijing di tengah keamanan ketat di atas kereta hijau yang digunakan secara eksklusif oleh keluarga Kim yang berkuasa selama bertahun-tahun.

Ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il, yang terkenal tidak suka terbang dan memiliki kecenderungan untuk gaya hidup playboy, dikatakan telah menggunakan moda transportasi kereta untuk menyelenggarakan pesta mewah, pesta minum-minuman keras dan karaoke di banyak perjalanannya dengan kereta api.

Tidak diketahui seberapa sering Kim Jong-un menggunakan kereta itu untuk bepergian di dalam wilayah Korea Utara. (abc/afr)
Foto: Reuters
Foto: Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed