Rabu, 21 Mar 2018 11:42 WIB

Hari Tanpa Bayangan, LAPAN: Waktunya Pahami Bumi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque) Ilustrasi (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
FOKUS BERITA Hari Tanpa Bayangan
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan, hari tanpa bayangan yang terjadi siang ini, bisa dijadikan ajang edukasi bagi publik untuk memahami karakter Bumi.

Sejumlah daerah yang dilintasi garis khatulistiwa, seperti Pontianak di Kalimantan Barat, akan merasakan fenomena alam ini. Peristiwa ini terjadi karena Matahari sedang berada tepat di atas ekuator sehingga berdampak pada tidak ada bayangan di siang hari.

"Hari tanpa bayangan di sekitar ekuator, seperti Pontianak, adalah kesempatan edukasi publik tentang kemiringan sumbu rotasi Bumi terhadap orbit Bumi," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dihubungi detikINET, Rabu (21/3/2018).



Thomas menjelaskan, kemiringan sumbu rotasi Bumi menyebabkan Matahari tampak berubah posisi dari selatan ke utara dan balik lagi ke selatan. Ketika posisi Matahari di langit sama dengan lintang tempat suatu kota, pada tengah hari Matahari tepat berada di atas kepala.

"Sehingga benda tegak bayangannya jatuh di dasar benda tersebut. Bayangan tidak akan tampak," ucapnya.

Fenomena alam ini pun sekaligus menjadi penanda kita sedang menuju pergantian musim. Disampaikannya, pergeseran periodik Matahari menyebabkan perubahan pemanasan Bumi, sehingga terjadi perubahan musim dengan ditandai perubahan suhu di daerah lintang tinggi dan perubahan arah angin dan daerah pembentukan awan.

"Perubahan arah angin dan pembentukan awan tersebut yang menyebabkan perubahan musim di Indonesia dengan adanya musim hujan dan kemarau," kata pria lulusan Kyoto University ini.



Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, berkesempatan untuk menikmati hari tanpa bayangan. Peristiwa alam ini terjadi dua kali dalam setahun, yakni 21 Maret dan 23 September 2018.

Sebagai catatan, kondisi terjadinya hari tanpa bayangan tak berlaku bagi pohon rindang yang tetap akan memiliki bayangan. Selain itu, hari tanpa bayangan terjadi tepat di siang hari, bukan sebelum dan setelah tengah hari. (rns/rns)
FOKUS BERITA Hari Tanpa Bayangan

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed