Orang Indonesia Bagikan 140 Juta Informasi di Google Maps

Orang Indonesia Bagikan 140 Juta Informasi di Google Maps

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 20 Mar 2018 21:45 WIB
Ilustrasi Google Maps (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Orang Indonesia tampaknya sangat suka berbagi informasi. Tidak hanya di media sosial, mereka pun banyak berkontribusi di Google Maps.

Setidaknya itu berdasar data dari Google. Raksasa pencarian internet itu memasukkan Indonesia ke dalam lima besar negara dengan Local Guide terbanyak di dunia. Tak hanya itu, Jakarta dinilai sebagai kota teraktif dalam berbagi informasi di layanan peta digital tersebut.

"Sudah lebih dari 140 juta informasi yang diberikan Local Guide dari Indonesia," kata Dane Glasgow, Vice President Product Management Google Maps di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Seperti diketahui dengan menjadi Local Guide, pengguna ponsel dapat menulis ulasan dan berbagi foto. Selain itu bisa menjawab pertanyaan, menambahkan atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps.



Untuk menjadi Local Guide di Google Maps sangat gampang. Ketika membuka peta digital ini, pilih lokasi di mana pengguna tengah berada. Akan ada pilihan opsi untuk menambahkan review, foto hingga penambahan informasi. Setiap data yang dimasukkan, pengguna akan mendapat poin.

Dari poin itu akan meningkatkan level pengguna. Semakin tinggi level, maka informasi yang diberikan dianggap dapat diandalkan. Informasi yang diberikan pun akan mudah disetujui oleh Google. Menariknya, terkadang pengguna mendapatkan hadiah.



"Kita dari Google tidak memberikan rewards khusus. Tapi sejumlah partner, seperti Go-Jek, Airy Room, datang ke kami untuk memberikan apresiasi ke sejumlah Local Guide," kata Bella Wibowo, Product Manager Local Guide Google APAC ditemui di tempat yang sama.

Khusus untul level tinggi, tiap tahunnya Google memilih Local Guide yang teraktif sedunia untuk diajak ke San Francisco, Amerika Serikat menghadiri acara summit. "Kami sempat memberangkatkan Local Guide dari Tanah Air untuk berbagi bagaimana di Indonesia, passionnya mereka gimana," jelas Bella. (rns/rou)