Jumat, 16 Mar 2018 07:59 WIB

Dilibatkan Perangi Hoax Bareng YouTube, Ini Kata Wikipedia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Telegraph Foto: Telegraph
Jakarta - CEO YouTube Susan Wojcicki menyatakan kalau YouTube akan menggunakan informasi dari Wikipedia untuk memerangi penyebaran video terkait konspirasi. Apa kata Wikipedia soal ini?

Wikimedia Foundation, organisasi di balik Wikipedia, menyatakan belum dihubungi pihak YouTube mengenai hal ini. Pernyataan tersebut diungkap Wikimedia melalui akun Twitter resminya.

Meski begitu, menurut Wikimedia, hal ini bukanlah sebuah masalah, sekalipun kerja sama ini bukanlah sebuah kerja sama formal baik dengan Wikimedia maupun dengan Wikipedia, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (16/3/2018).

"Kami selalu senang melihat orang, perusahaan, dan organisasi menganggap Wikipedia sebagai sumber dari informasi gratis," tulis Wikimedia dalam pernyataannya itu.



Lebih lanjut, Wikimedia menyebut konten-kontennya itu bisa terwujud karena ada jutaan orang yang memberi sumbangan, termasuk orang yang mengkurasi, juga berkontribusi di situsnya.

Dalam kicauan lanjutan di akun Twitternya itu, Wikimedia juga menyebut ada ribuan editor yang memantau konten di Wikipedia. Sementara untuk memantau teori-teori konspirasi, ada orang-orang yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di bidang tersebut.

"Konten Wikipedia berlisensi gratis untuk digunakan ulang oleh semua orang, dan itu adalah bagian dari misi kami: yaitu setiap orang bisa membagikan pengetahuan gratis," lanjut mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, YouTube menggandeng Wikipedia untuk memerangi video-video berbau teori konspirasi yang diunggah ke dalam platform tersebut.



Nantinya, ensiklopedia online itu akan menyediakan info tambahan pada video terkait agar user tidak terbawa dalam arus informasi yang salah.

Dalam tahap awal fitur ini, YouTube akan fokus pada teori konspirasi yang sudah tersebar cukup luas dan memancing perdebatan di dalam platform tersebut. Salah satu incarannya adalah video yang menampilkan pendaratan NASA ke Bulan merupakan kebohongan belaka. (rns/rns)