BERITA TERBARU
Kamis, 15 Mar 2018 14:36 WIB

Spotify Uji Fitur Asisten Suara, Mau Bikin Speaker Pintar?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Getty Images/Mario Tama Foto: Getty Images/Mario Tama
Jakarta - Bila dibandingkan dengan layanan streaming musik lainnya, Spotify sukses bertengger di posisi nomor wahid secara global. Meski demikian, menjadi raja streaming musik saja sepertinya dirasa tak cukup bagi Spotify.

Ada indikasi bahwa layanan musik streaming asal Swedia ini ingin berekspansi ke bisnis speaker pintar. Setidaknya rumor yang berkembang ini muncul dari upaya Spotify dalam melakukan pengujian terhadap fitur asisten suara di dalam aplikasi.

Serupa dengan fitur asisten suara lainnya, asisten suara di Spotify memungkinkan Anda untuk memainkan musik dengan perintah suara. Anda bisa berkata 'Play my Discover Weekly', 'Show Calvin Harris', atau 'Play some upbeat pop', demikian dikutip detikINET dari Tech Crunch, Kamis (15/3/2018).

Uji coba fitur asisten suara ini pun tak dibantah oleh pihak Spotify. Juru bicara Spotify pun mengkonfirmasi bahwa mereka sedang uji coba. "Hanya mengetes untuk saat ini," ujarnya.

Fitur asisten suara.Fitur asisten suara. Foto: Tech Crunch

Walau mengakui soal asisten suara ini, juru bicara tadi tidak menyinggung soal pengembangan speaker pintar. Karena seperti diketahui, fitur asisten suara lebih akrab penggunaannya di beberapa perangkat speaker pintar, seperti Amazon Echo, Google Home, hingga Apple HomePod.

Spotify pun bukan pertama kalinya terlibat bisnis dalam perangkat hardware. Spotify bekerjasama dengan beberapa manufaktur untuk menciptakan fitur Spotify Connect pada perangkat audio Bose. Namun, memang mereka belum pernah menciptakan perangkat hardware sendiri yang dibekali fitur tadi.

Kendali suara ini dinilai membuat penggunaan Spotify lebih mudah ketika sedang mendengarkan musik lewat headphone atau ketika tidak sedang dalam menggenggam ponsel. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed