Rabu, 14 Mar 2018 11:10 WIB

WhatsApp Resmikan Fitur Deskripsi Grup, Ini Cara Pakainya

Moch Prima Fauzi - detikInet
Ilustrasi. Foto: detikINET/Irna Prihandini Ilustrasi. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Pengguna WhatsApp kedatangan fitur baru. Kini mereka yang tergabung dalam sebuah grup bisa menambahkan deskripsi atau keterangan grup. Fitur ini telah bisa dicoba melalui pembaruan aplikasi di Android.

Berdasarkan uji coba detikINET hari ini, Rabu (14/3/2018) fitur tersebut hadir dalam WhatsApp versi 2.18.79.

"Anda kini bisa menambahkan deskripsi ke grup. Membuat anggota grup mengetahui informasi penting atau topik grup. Deskripsi grup juga bisa dilihat ketika mengundang seseorang melalui undangan link," ujar WhatsApp.

WhatsApp Resmikan Fitur Deskripsi Grup, Begini Cara PakainyaFoto: istimewa


Untuk memeriksa ketersediaannya, masuk ke sebuah grup percakapan, kemudian ketuk pada ikon tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Group Info. Cara termudahnya adalah dengan mengetuk dashboard grup yang kemudian diarahkan ke halaman informasi grup.

Di bawah foto profil grup dan nama grup itu sendiri, tertera opsi 'Add group description'. Jika memilih opsi itu maka penggunanya bisa menambahkan informasi seputar grup tersebut, termasuk tujuan dibuatnya grup atau informasi lainnya.

Berdasarkan uji coba detikINET, deskripsi grup bisa ditambahkan oleh anggota grup meski ia bukan menjadi administrator di grup tersebut. Setelah menambahkan atau mengubahnya, akan muncul notifikasi di ruang obrolan bahwa seseorang telah mengubah deskripsi grup.

Selain menambahkan informasi berupa teks, pengguna WhatsApp juga bisa menambahkan emoji sebagai pemanis informasinya.

WhatsApp Resmikan Fitur Deskripsi Grup, Begini Cara PakainyaFoto: istimewa


Berdasarkan bocoran sebelumnya, fitur ini terlebih dahulu hadir untuk pengguna WhatsApp di Android. Sehingga jika pengguna iOS masih belum mendapatkannya, kemungkinan mereka bakal menerimanya dalam beberapa waktu ke depan.

WhatsApp juga menambahkan kemampuan lain berupa mengganti panggilan telepon atau video call atau sebaliknya dengan menekan tombol video saat melakukan panggilan. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed