Senin, 12 Mar 2018 20:28 WIB

Sang Pencipta Tak Menyangka Siri Makin Pintar

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Siri merupakan asisten digital Apple yang kini digunakan pada perangkat seperti iPhone dan speaker HomePod. Awalnya Siri adalah buatan SRI International yang diakuisisi Apple pada 2010.

Selang beberapa tahun, kemampuan Siri pun meningkat di tangan Apple. Kendati demikian, salah satu pembuatnya yang juga menjadi pendiri SRI International Norman Winarsky, tak menyangka kalau Siri bakal dijadikan asisten digital dengan beragam kemampuan.

Sebelum dibeli Apple, Siri sebenarnya ditujukan sebagai pemandu perjalanan. Winarsky mengungkapkan, awalnya kecerdasan buatan itu bisa digunakan sebagai penunjuk jalan.

Misalnya, ketika seseorang telah tiba di bandara namun secara tiba-tiba penerbangan dibatalkan, Siri akan mencarikan rute perjalanan pulang ketika pengguna mengambil ponsel dari saku. Selain itu, Siri juga bisa memberikan pilihan hotel yang bisa dipesan.

Saat ini, Siri telah memiliki beragam kemampuan seperti mengatur pengingat, mengirimkan pesan, memberikan informasi cuaca, dan lain-lain. Meskipun begitu, Winarsky mengaku tak begitu senang dan terkejut dengan perkembanganya saat ini.

"Terkejut dan rasa senang adalah sesuatu yang (dirasakan) hilang saat ini," ujarnya dikutip detikINET dari Quartz, Senin (12/3/2018).

Melihat perubahan Siri dari pemandu perjalanan menjadi asisten digital yang bisa melakukan berbagai hal, Winarsky menganggap Apple akan sulit untuk mencapai tahap sempurna.



Menurutnya, semakin banyak area yang ingin dicapai Siri, tantangannya pun akan semakin besar. Butuh waktu panjang menjadikan Siri asisten digital yang sempurna.

"Itu adalah masalah yang sulit dan ketika perusahaanmu terlibat dengan miliaran orang, masalahnya akan bertambah besar. Mereka mungkin akan membutuhkan level sempurna yang tak akan mereka capai," ungkapnya.

Sekadar informasi, setelah mengakuisi SRI International pada 2010, Apple meluncurkan Siri untuk pertama kalinya di iPhone 4s pada 2011. Sementara Winarsky, kini menjadi seorang konsultan dan pemberi dana startup melalui venture capital. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed