Jumat, 09 Mar 2018 21:58 WIB

Amankah Belanja Elektronik di e-Commerce?

Moch Prima Fauzi - detikInet
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak lahirnya e-commerce di Tanah Air, cara berbelanja turut berubah. Jika tadinya pembeli bisa meraba dan melihat produk terlebih dahulu, hal itu tak bisa dilakukan di toko online.

Selain soal jaminan sebuah produk, berbelanja online juga erat kaitannya dengan data pribadi seperti email, alamat dan nama pengguna. Oleh karena itu muncul pertanyaan, amankah berbelanja secara online, terutama untuk barang elektronik?

Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar, mencoba menjawabnya. Ketika ditemui di JSC Hive, Jakarta, ia pun menuturukan soal keamanan yang dimiliki oleh e-commerce baik dari segi penjual maupun sistem.

Dari sisi penjual misalnya bisa diketahui dari rating bintang dan ulasan (review). Sebagaimana diketahui bahwa semakin baik suatu penjual maka ia akan mendapatka rating bintang yang banyak.

Kemudian dari segi ulasan pun pembeli bisa mengetahui bahwa penjual tersebut cepat dalam merespons, barang yang dikirmkan sesuai, dan juga diterima dalam kondisi yang baik.

"Jadi pastiin ada review dari seller-nya itu. Misalnya bintang ada satu atau lima., Dari situ bisa melihat oh ini pengiriman cepat, oh ini ternyata barangnya sampai dengan baik. Kdang ada juga seller yang bintangnya satu oh ternyata barangnya tidak sesuai, nah kita baca baik-baik," ujarnya.

Di Shopee sendiri, kata Rezki, telah memiliki fitur Shopee Mall yang dikhususkan untuk merek yang telah melakukan kerja sama. Dengan demikian pembeli tak perlu khawatir soal keaslian produknya.

Ketika ditanya soal data pribadi pengguna, Ia mengungkap bahwa di Shopee tak akan membagikan data tersebut kepada pihak lain. Data itu digunakan Shopee agar memudahkan pembeli saat berbelanja.

"Jadi misalnya kita tahu alamatnya. Misalnya di sini, jadi kita sudah tau alamatnya di sini untuk memudahkan orang tapi kita tidak pernah share keluar karena kami percaya bahwa ranah data itu sudah ranah pribadi," ungkap Rezki.

Ia pun mengimbau agar menjaga keamanan akun untuk log-in, pengguna harus memastikan bahwa password dan akun bank hanya diberikan kepada e-commerce yang terpercaya.

"Masalahnya adalah e-commerce mana yang sesuai. Shopee sendiri telah memiliki sistem IT yang sangat kuat yang mendukung ke tingkat regional," ungkapnya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed