Jumat, 09 Mar 2018 20:33 WIB

Perhatikan Hal Ini Agar Mudah Beli Elektronik di e-Commerce

Moch Prima Fauzi - detikInet
Ilustrasi. Foto: Internet Ilustrasi. Foto: Internet
Jakarta - Meski gaung belanja online telah cukup lama terdengar, nyatanya tak semua orang bisa memanfaatkan fitur yang tersedia di sebuah e-commerce. Padahal fitur tersebut bisa mempermudah mereka dalam berbelanja online.

Di tengah banyaknya penjual yang menjajakan produk di sebuah toko online, sebenarnya mereka bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini sebagai 'penyaring'. Seperti yang diungkap oleh Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar.

Sebagai contoh, Rezki mengatakan Shopee memiliki fitur rating bintang yang mewakili tingkat kepercayaan penjual. Selain itu pembeli juga dimudahkan melalui Live Chat untuk berkomunikasi dengan penjual.

"Fitur yang kami sangat banggakan yaitu bintang seller. Jadi orang bisa bandingkan mana yang bagus mana yang tidak. Lalu kedua adalah Live Chat. Kadang banyak orang-orang itu sangat digital, netizen banget lah. Itu yang kita aplikasikan ke Live Chat," ujar Rezki, saat ditemui detikINET, Jumat (9/3/2018).

Selain melalui fitur yang telah tersedia, pembeli juga sebenarnya bisa melakukan riset mengenai produk yang akan dibeli. Ini ditujukan agar ia tak bingung memilih produk yang akan dibeli.

Menurut Rezki, mereka biasanya bisa mencari informasi seputar produk tersebut melalui forum-forum atau berasal dari pengalaman teman. Dengan demikian ketika memutuskan akan membeli produk elektronik, ia bisa mengetahui merek serta ulasannya.

Sementara untuk memudahkan proses pencarian, pembeli juga bisa memanfaatkan hashtag layaknya media sosial selain mengetikkan produk atau merek yang ingin dibeli. Cara ini sendiri berlaku juga untuk penjual agar produknya bisa cepat terindeks.

"Penamaan juga pengaruh. Hashtag juga pengaruh karena kita juga bisa pakai hashtag. Jadi misalnya di medsos sedang tren #ootdkorea juga bisa (dicari). Jadi bisa dibilang kita ini sosial e-commerce," ujar Rezki. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed