Kamis, 08 Mar 2018 12:29 WIB

Pembayaran Online Google Hadirkan Layanan Chat

Josina - detikInet
Google Tez. Foto: Internet Google Tez. Foto: Internet
Jakarta - Pada tahun lalu, Google meluncurkan aplikasi pembayaran online yang dinamai Tez di india. Dengan Tez, pengguna bisa melakukan sejumlah pembayaran, seperti pembelian di toko baik online ataupun offline.

Kini, layanan yang sudah memiiki 15 juta pengguna ini oleh Google ditambahkan fitur baru berupa chatting sehingga pengguna bisa saling berkirim pesan terkait setiap adanya transaksi. Hal ini juga dapat membantu untuk melacak berbagai pembayaran lainnya.

Diktuip detikINET dari The Verge, Kamis (8/3/2018) penambahan fitur chatting pada Tez sepertinya dilatarbelakangiWhatsApp yang juga merambah layanan pembayaran online, yakni WhatsApp Payment yang baru saja diluncurkan di India pada awal tahun kemarin.



WhatsApp sendiri telah memiliki 200 juta pengguna di negeri Bollywood tersebut.

Selain WhatsApp, ada juga aplikasi lokal buatan India yakni Pytm sebuah perusahaan pembayaran mobil terkemuka di India yang juga memiliki lebih dari 200 juta pengguna. Pada akhir tahun lalu, aplikasi ini juga menghadirkan pilihan chatting.

Baik Google dan WhatsApp menghubungkan platform layanannya tersebut dengan beberapa bank besar di India yang diintegrasikan lewat sebuah sistem bernama UPI (Unified Payments Interface), sebuah sistem pembayaran yang diusung pemerintah setempat untuk mendorong integrasi pelayanan bank. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed