Apple Siapkan Headset Premium Penantang Bose

Apple Siapkan Headset Premium Penantang Bose

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Rabu, 07 Mar 2018 14:47 WIB
Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Setelah dirumorkan akan merilis tiga ponsel sekaligus, kini kabarnya Apple berencana untuk meluncurkan lini headphone terbaru mereka.

Apple tengah menyiapkan headphone premium yang digadang-gadang mampu menyaingi sejumlah nama seperti Bose maupun perusahaan miliknya sendiri, yaitu Beats by Dre.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, ini kabarnya ingin meluncurkan headphone dengan fitur peredam bising tersebut akhir tahun ini. Selain hadirnya fitur tersebut, Apple juga berencana untuk memungkinkan headphone ini dapat dipasangkan secara wireless seperti AirPod.

Lini produk terbaru Apple ini diproyeksikan untuk menyasar kelas high-end di pasaran, mirip dengan pendekatan yang dilakukannya melalui speaker HomePod.



Untuk urusan produksinya, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini bekerja sama dengan Primax Electronics Ltd. dan Shin Zu Shing Co. ketimbang Inventec Corp. yang sejatinya merupakan perusahaan manufaktur yang membuat HomePod dan AirPod.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ming-Chi Kuo, seorang analis dari KGI Securities yang merupakan sebuah firma keuangan asal Taiwan.

Keputusan Apple dalam menggarap produk yang dapat memenuhi kebutuhan akan musik bagi penggunanya tak terlepas dari pendapatan sebesar, paling tidak, USD 5 miliar yang diraihnya lewat deretan lini di bidang tersebut, seperti AirPod, headphone Beats, Apple Watch, Apple TV, hingga aksesoris iPad.

Angka tersebut didapatkannya hanya pada Kuartal I tahun fiskal 2018 Apple, yang dimulai Oktober 2017, sekaligus menjadi yang pertama kali perusahaan ini mencapai hal tersebut, dengan pertumbuhan sebesar 36% dibanding periode yang sama sebelumnya.

Tahun lalu pun, penjualan produk-produk tersebut mampu mencatatkan peningkatan hingga 70%, dengan AirPod menjadi kontributor paling besar.

Menariknya, sebuah sumber mengatakan bahwa Apple tengah mengalami kendala dalam pengembangan headset tersebut sehingga menimbulkan potensi dimundurkannya waktu peluncuran.

Bahkan, seperti detikINET kutip dari Bloomberg, Rabu (7/3/2018), sumber tersebut juga menyebutkan Apple tidak menutup kemungkinan akan melakukan perbaikan desain kembali sebelum peluncuran. (fyk/fyk)