Minggu, 04 Mar 2018 10:32 WIB

Google Ingin Lebih Banyak Orang Belajar Kecerdasan Buatan

Muhamad Imron Rosyadi, Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Dengan maraknya perbincangan mengenai machine learning dan kecerdasan buatan di dunia teknologi membuat Google berusaha menjaring orang-orang untuk mempelajarinya.

Google resmi meluncurkan proyek terbarunya yang bernama Learn with Google AI dalam memberikan akses yang lebih bagi banyak orang dalam mencari pembelajaran mengenai sejumlah bidang teknologi, seperti kecerdasan buatan dan machine learning.

Proyek ini sendiri diharapkan Google dapat menjadi sebuah jembatan bagi siapapun yang ingin belajar tentang teknologi, misalnya, konsep utama dari machine learning, pengembangan kemampuan machine learning, dan implementasi machine learning terhadap masalah di dunia nyata.

Situs dari Learn with Google AI sendiri telah menyediakan berbagai level bagi setiap penyuka teknologi, mulai dari pemula hingga peneliti yang inging mencari pengajaran lebihlanjut.

Selain itu, terdapat juga sebuah fitur kursus gratis bernama Machine Learning Crash Course (MLCC) yang diperuntukkan bagi para karyawan Google agar mendapatkan pengenalan terhadap kecerdasan buatan dan machine learning, dengan 18.000 sudah bergabung di dalamnya.

"Di sana, mereka akan belajar mengenai kalibrasi kamera untuk perangkat DayDream, membangun virtual reality untuk Google Earth, dan meningkatkan kualitas streaming dari YouTube," kata Zuri Kemp, Technical Program Manager Google.

Kemp menambahkan, kesuksesan MLCC bagi karyawan Google membuat mereka kini tengah berusaha membuat kursus tersebut menjadi tersedia bagi semua orang.

Nantinya, tak ubahnya seperti versi bagi karyawan Google, kursus tersebut akan mengakomodasi latihan, visualisasi interaktif, hingga video berisi instruksi yang mampu membantu mengajarkan konsep machine learning dan kecerdasan buatan.

MLCC memiliki durasi sekitar 15 jam dengan tenaga pengajar langsung dari peneliti Google, ditambah terdapat lebih dari 40 latihan di dalamnya, seperti detikiNET lansir dari The Verge, Minggu (4/3/2018).

Sebelumnya, Google sendiri sudah mengincar sektor pembelajaran kecerdasan buatan melalui sejumlah proyek seperti TensorFlow, Sketch-RNN, serta Teachable Machine. (jsn/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed