BERITA TERBARU
Sabtu, 03 Mar 2018 08:30 WIB

Ini Bidang yang Diincar Program 1.000 Startup Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: dok. Kibar Foto: dok. Kibar
Bali - Memasuki tahun ke-2, program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital akan digerakkan lebih fokus lagi guna menjaring talenta di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital resmi meluncur pada Juni 2016 yang diinisiasi oleh KIBAR dan didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kehadiran program ini guna mewujudkan 1.000 startup yang bisa menjadi solusi berbagai pesoalan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Executive Director Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Enda Nasution mengatakan ada lima sektor bidang startup yang akan diincarnya untuk masuk dalam program pada tahun 2018 ini, yakni logistik, pendidikan, kesehatan, tourism, dan pertanian.

"Sebelumnya kita bebaskan untuk mau bikin startup apa, tapi sekarang kita mulai arahkan agar mereka bikin startup di area-area tersebut," kata Enda mengenai masyarakat yang ingin membuat startup dan bergabung di Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Enda menuturkan berdasarkan pengalaman sebelumnya, dengan tidak adanya fokus bidang startup yang diincar membuat peserta mendirikan perusahaan rintisan yang tidak berbeda jauh dengan yang sudah ada.

Tim 1.000 Startup yang tengah rapat kerja di coworking space Ke{m}bali, Seminyak, Bali. Tim 1.000 Startup yang tengah rapat kerja di coworking space Ke{m}bali, Seminyak, Bali. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

"Ketika nggak dikasih koridor, mereka membuat sesuatu yang another Go-Jek, another Traveloka, dan lain-lain. Jadi, sekarang kita batasi agar mereka lebih kreatif dan fokus lagi," katanya saat ditemui di Bali.

Selain itu, disampaikan Enda, program penjaringan startup ini juga akan meningkatkan dari segi kualitas peserta, kualitas modul, hingga kualitas mentor menjadi perhatian dan peningkatan di Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

"Dan, yang paling penting fokus untuk meningkatkan awareness megenai isu paradigma tentang startup ini. Kita ingin tularkan virus startup ini ke banyak orang agar mereka terinspirasi untuk membuat startup," sebutnya.

Saat ini, para penggerakan yang terdiri dari penggerak, partner, sampai para startup yang tergabung di Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tengah melakukan rapat kerja di coworking space Ke{m}bali, Seminyak, Bali. (agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed