Kamis, 01 Mar 2018 15:01 WIB

Bill Gates Ragukan Kereta Super Cepat Hyperloop, Kenapa?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi Hyperloop. Foto: Ist/Internet Ilustrasi Hyperloop. Foto: Ist/Internet
Jakarta - Bill Gates menyangsikan konsep teknologi hyperloop yang dicetuskan oleh Elon Musk dalam merevolusi moda transportasi di masa depan.

Dalam sebuah forum wawancara informal, Bill Gates mengungkapkan sejumlah kata-kata yang menohok terhadap sejumlah teknologi.

Salah satu yang mendapat ungkapan negatif dari pendiri Microsoft tersebut adalah konsep Hyperloop yang dicetuskan oleh Elon Musk.

"Saya tidak yakin konsep Hyperloop dapat terealisasi. Membuatnya agar aman untuk ditumpangi sangat sulit," ucapnya, seperti detikINET kutip dari The Guardian, Kamis (1/3/2018).



Konsep transportasi modern itu melibatkan penggunaan kendaraan Hyperloop yang bertenagakan listrik di dalam sebuah tabung berukuran besar bertekanan rendah.

Nantinya, kendaraan yang sepenuhnya bersifat otonom ini akan melayang di atas trek lewat pemanfaatan daya magnetik dan meluncur pada kecepatan setara dengan pesawat udara.

Virgin Hyperloop One menjadi perusahaan yang tengah mengembangkan moda transportasi tersebut. Mereka pun sudah menetapkan sejumlah rute yang tersebar di seluruh dunia.

Terakhir, perusahaan tersebut telah memamerkan prototipe kendaraan Hyperloop milik mereka yang akan digunakan di Uni Emirat Arab untuk rute Dubai - Abu Dhabi dan sebaliknya.

Dengan konsep yang tidak berbeda jauh, sang pencetus dari Hyperloop sendiri, Elon Musk, juga tengah mempersiapkan moda transportasi bernama Loop lewat salah satu perusahaan besutannya, yaitu The Boring Company.

Selain menyangsikan Hyperloop, Bill Gates pun turut menyebut cryptocurrency sebagai 'pembawa kematian' karena penggunanya dapat membeli obat-obatan terlarang secara bebas tanpa terdeteksi lewat mata uang digital tersebut.

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed