Minggu, 25 Feb 2018 16:51 WIB

AS Kembali Gelar Uji Coba Kendaraan Otonom April Ini

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pengujian kendaraan tanpa awak masih terus berlanjut dan digeber oleh sejumlah perusahaan teknologi. Di California, Amerika Serikat misalnya, uji coba kendaraan otonom ini kembali siap dilaksanakan di bulan April.

Namun, uji coba kali ini sedikit berbeda dari uji coba sebelumnya. Departemen kendaraan bermotor (DMV) negara bagian California mengatakan apabila pengujian kali ini menggunakan sistem kendali dari jarak jauh.

Metode ini dipakai untuk mengurangi korban akibat uji coba kendaraan otonom sebelum-sebelumnya. Dengan kata lain, tak ada sosok supir di balik kemudi ketika uji coba berlangsung.

Supir 'remote' ini, seperti dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (25/2/2018), bertugas untuk mengawasi sejumlah mobil dan akan mengambil alih kemudi ketika dibutuhkan. Pembuat mobil otonoom ini diperbolehkan untuk mempekerjakan perusahaan pihak ketiga untuk menangangi operasi kendali.

Beberapa dari mereka, termasuk Waymo dan Nissan, sudah mengembangkan teknologi kendali kemudinya sendiri. Nissan bahkan membuat pusat monitoring untuk pengujian taksi otonom, dimana akan dimulai di bulan Maret bertempat di Tokyo, Jepang.

Meski teknologi kendali-kemudi yang mereka kembangkan ini telah lulus uji coba, mereka tetap harus taat dengan persyaratan yang cukup panjang untuk mendapatkan persetujuan pengujian tanpa sopir tersebut. Salah satunya adalah kendaraan mereka harus memiliki stir dan pedal rem. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed