Rabu, 14 Feb 2018 14:46 WIB

Alasan Bill Gates Beramal Miliaran Dolar Terkuak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Keluarga Bill Gates. Foto: (@melindafrenchgates/Instagram) Keluarga Bill Gates. Foto: (@melindafrenchgates/Instagram)
Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates serta istrinya Melinda dikenal sangat gemar beramal. Mereka pun membeberkan apa alasannya.

Pada tahun 2010, Bill dan Melinda menggagas program bernama Giving Pledge bersama sahabat sesama triliuner, Warren Buffet. Program yang sudah diikuti banyak orang kaya di seluruh dunia itu, meminta komitmen agar mereka menyumbangkan sebagian besar hartanya.

Dalam Our 2018 Annual Letter, semacam surat tahunan yang ditulis Bill dan Melinda untuk menjawab beragam pertanyaan, terkuak kalau mereka sudah berniat banyak beramal sejak sebelum menikah.

"Bahkan sebelum kami menikah, kami sudah membicarakan bagaimana kami akan menghabiskan banyak waktu untuk filantropi," sebut Gates. Alasannya adalah karena tanggung jawab.

"Kami kira itu adalah tanggung jawab dasar dari seseorang yang punya banyak uang. Jika kalian sudah merawat diri kalian dan anak kalian, penggunaan terbaik dari kemakmuran ekstra adalah dengan memberikannya kembali pada masyarakat," papar pria berkacamata ini.

"Kami berdua berasal dari keluarga yang menginginkan untuk meninggalkan dunia ini dalam keadaan lebih baik," timpal Melinda.

"Kami sudah melakukan semua ini sekitar 18 tahun lamanya. Itu waktu mayoritas dari pernikahan kami. Hampir seusia anak-anak kami. Kami melakukannya karena begitulah kehidupan kami," tambah Melinda.

Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang mereka dirikan disebut-sebut terbesar di dunia dan telah menyumbangkan miliaran dolar. Gates berencana memberikan seluruh uangnya secara bertahap, bahkan sampai mereka sudah tidak ada di dunia ini. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed