Safety Check Jadi Fitur Anyar Facebook Lite

Safety Check Jadi Fitur Anyar Facebook Lite

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 11 Feb 2018 10:53 WIB
Foto: Facebook
Jakarta - Facebook berupaya agar Facebook Lite yang lebih ramah data punya fitur selengkap aplikasi versi regulernya, salah satunya dengan menambahkan Safety Check.

Dikutip dari keterangan resmi Facebook, Minggu (11/2/2018), fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan telah diluncurkan di Facebook Lite pada lebih dari 100 negara untuk mempermudah orang yang berada di area dengan konektivitas internet lambat, bisa memberi tahu teman dan keluarga bahwa mereka dalam kondisi aman setelah terjadinya sebuah bencana.

"Di beberapa wilayah yang ada di seluruh dunia, jaringan bisa menjadi sangat lambat dan tidak selalu dapat diandalkan. Hal tersebut bisa menjadi lebih sulit lagi setelah terjadi sebuah bencana, dimana komunikasi menjadi hal yang sangat penting," sebut Asha Sharma, Product Lead for Social Good di Facebook.

Karena alasan itulah, ketersediaan fitur Safety Check pun diperluas hingga ke Facebook Lite untuk pengguna Indonesia.

Seperti diketahui, Facebook Lite dirancang untuk pengguna yang biasa mengakses Facebook di daerah dengan konektivitas internet yang lambat atau internet yang terbatas.

Perangkat lunak aplikasi ini menggunakan data yang lebih sedikit, dapat menginstal dengan cepat, memuat konten dengan cepat serta dapat bekerja dengan baik di ponsel low end dan jaringan internet yang lebih lambat.

Untuk Safety Check sendiri, Facebook mengklaim bahwa fitur ini telah diaktifkan lebih dari 1.000 kali di seluruh dunia dan telah memberikan notifikasi kepada orang bahwa keluarga dan teman mereka berada dalam keadaan aman hingga lebih dari 3 miliar kali.

"Tujuan kami adalah menciptakan alat yang membantu menjaga orang tetap aman dan mempermudah mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan dalam proses pemulihan setelah bencana," sebut Asha.

Facebook berharap, dengan menghadirkan Safety Check di Facebook Lite, semakin banyak orang yang dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga mereka untuk memberi tahu bahwa mereka berada dalam keadaan aman setelah mengalami bencana serta memastikan keselamatan orang lain. (rns/fyk)