Kamis, 08 Feb 2018 13:18 WIB

Google Doodle Tampilkan Pelopor Lukisan Bugil

Josina - detikInet
Foto: Screenshot Foto: Screenshot
Jakarta - Hari ini Kamis, (8/2/2018) pada laman Google menampilkan gambar Google Doodle dengan sosok wanita yang sedang memegang kuas lukis dan bunga, serta di belakangnya dikelilingi dengan kumpulan karya lukisnya. Wanita itu dia adalah Paula Modersohn Becker. Siapakah dia?

Paula merupakan seorang pelukis asal Jerman kelahiran 8 Februari 1876. Ia dikenal sebagai seniman ekspresionis serta ambisius. Paula tumbuh besar di Dresden-Friedrichstadt dan sejak kecil sudah gemar melukis. Lalu bersama keluarganya, Paula pindah ke kota Bremen.

Pada tahun 1901, ia menikah dengan Otto Modershon. Meski telah menikah, hasrat melukisnya masih membara sehingga menunda untuk memiliki anak dan rela berpisah sementara dari keluarganya demi meraih ambisinya. Ia pun pergi ke Paris, Prancis untuk melatih kemampuannya

Dikutip detikINET dari Wikipedia Paula merupakan salah satu pelukis wanita pertama yang melukis dirinya sendiri tanpa mengenakan busana yang belum pernah dilakukan oleh pelukis lain sebelumnya. Tahun 1906 menjadi karir puncak Paula yang telah menghasilkan ratusan karya lukis.

Di tahun yang sama 1906, ia memutuskan untuk kembali kepada suaminya. Satu tahun kemudian ia pun hamil anak pertama. Namun tragis tak lama setelah melahirkan, pada tanggal 21 November 1907 di usianya yang masih 31 tahun ia meninggal lantaran mengeluhkan kakinya yang sakit.

Meski sudah tiada, namanya dan karyanya tetap banyak dikenang. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed