Minggu, 04 Feb 2018 14:35 WIB

Creativepreneur Corner 2018

Resep Kolaborasi Solid ala Duet Arsitek Tenar YouTube

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Rachmatunnisa/detikINET Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Jakarta - Dalam kolaborasi yang melibatkan beberapa orang, perbedaan pendapat pasti ada. Perlu pandai-pandai menyikapinya, agar tetap solid.

Agaknya ini yang selalu diingat duet arsitek tenar YouTube Ren Katili dan Riri Yakub ketika ada perbedaan pendapat. Bagi keduanya, perbedaan justru memberikan warna tersendiri dalam kolaborasi mereka.

"Meski sama-sama arsitek, kita tahu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa yang jadi kelebihan Riri, saya belajar dari dia, begitu juga sebaliknya," papar Ren saat berbicara di acara Creativepreneur Corner 2018 di Trans Luxury Hotel Bandung.

Menurut keduanya, peran kolaborasi justru menciptakan keunikan tersendiri pada bangunan yang mereka rancang, karena mengandalkan kekuatan masing-masing yang berbeda.

"Jadi kalau bentrok ide, gak sampai gimana-gimana. Paling cuma lebih ke operasionalnya," terang Ren.

Sementara Riri menambahkan, mereka selalu berpegang pada tujuan awal kolaborasi ini, yakni semangat berbagi ilmu mengenai dunia arsitektur.

"Di balik semua cita-cita bersama ini, kita memang senang berbagi. Sebelum di YouTube kita juga sering cerita di seminar ke kampus-kampus," ujarnya.

Kolaborasi Architect's Life

Resep Kolaborasi Solid ala Duet Arsitek Tenar YouTubeFoto: Rachmatunnisa/detikINET
Seperti diketahui, Ren dan Riri adalah dua arsitek yang punya cara unik dalam berkolaborasi, yakni dengan memanfaatkan YouTube channel yang mereka beri nama Architect's Life.

Di channel ini, Ren dan Riri berduet menampilkan video series reality show menghibur sekaligus informatif tentang proses membangun sebuah rumah tinggal, sejak pra-design hingga jadi.

Di sisi lain, keduanya juga punya misi mengangkat 'harkat' arsitek dengan mempopulerkan profesi mereka. Menurut Ren dan Riri, selama ini orang hanya tahu bahwa arsitek tukang gambar desain rumah.

"Orang gak tau di balik itu panjang prosesnya. Gak cuma gambar asal, cuma kebut semalem. Kita itu meriset, mulai dari lingkunganya, luas tanah dan bangunan, macam-macam, desain rumah kecil juga kita riset," kata Riri.

Melalui channel YouTube Architec's Life pula, keduanya ingin mengedukasi orang agar tahu setiap tahapan jika akan menggunakan jasa arsitek.

(rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.