Pesan Penting Jack Ma untuk Anak Muda yang Ingin Sukses

Pesan Penting Jack Ma untuk Anak Muda yang Ingin Sukses

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 01 Feb 2018 16:37 WIB
Jack Ma. Foto: Getty Images
Jakarta - Jack Ma banyak memberi nasehat. Tak terkecuali saat menghadiri event bergengsi World Economic Forum di Davos belum lama ini. Pemilik raksasa e commerce Alibaba ini pun membagikan pesan penting pada para anak muda yang ingin sukses.

"Dalam kehidupan, sebenarnya bukan tentang seberapa banyak yang kita capai, tapi seberapa banyak kita menjalani hari-hari yang berat dan kesalahan," katanya saat berbicara pada para pemimpin muda di event tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


"Ketika kamu berumur 20 sampai 30 tahun, kamu harus mengikuti seorang bos yang baik dan bergabung di sebuah perusahaan yang baik untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan benar," sebut Jack.

"Ketika kamu berusia 30 sampai 40 tahun, jika kamu ingin melakukan sesuatu sendiri, lakukan saja. Kamu masih bisa menanggung kekalahan, kegagalan," begitu nasehatnya.

"Kalau kamu sudah 40 atau 50 tahun, saranku adalah kamu harus melakukan sesuatu yang sesuai keahlianmu. Saat sudah 50 sampai 60 tahun, latihlah dan kembangkan anak muda, generasi masa depan. Jika sudah 60 tahun, sebaiknya tinggal bersama cucumu," papar dia.

Pria berusia 53 tahun ini menganggap pemuda berusia 20 sampai 30 tahun adalah yang paling beruntung karena masih harus banyak belajar. Jangan pula terpaku pada sukses orang lain, tapi pacu diri sendiri dengan membayangkan ingin seperti apa 10 tahun lagi.

[Gambas:Video 20detik]


Ma juga menceritakan beragam kegagalannya di masa lalu. Seperti sering diceritakan, ia pernah gagal menjadi karyawan KFC, polisi sampai tak lolos ujian masuk universitas.

"Seberapapun cerdasnya kamu, kamu akan melakukan kesalahan. Kamu akan belajar dari kesalahan karena kamu tidak bisa menghindarinya. Belajar menghadapinya," pungkas Jack. (fyk/rou)