Kamis, 01 Feb 2018 13:50 WIB

Samsung Produksi Chip untuk Tambang Bitcoin

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
Jakarta - Samsung membenarkan mereka tengah dalam proses agar dapat memproduksi chip yang digunakan untuk menambang Bitcoin dan cryptocurrency lain.

Samsung Electronic berencana untuk memproduksi chip kepada perusahaan asal China yang berguna dalam kegiatan pertambangan cryptocurrency, dengan harapan mampu mendorong pendapatan mereka tahun ini.

Proyek ini akan berada di bawah naungan Samsung Foundry, sebuah bagian dari perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut yang diperuntukkan pada bisnis semikonduktor.

Chip yang akan diproduksi ini dikenal sebagai ASICs, atau application-specific integrated circuits. ASICs adalah sebuah prosesor yang dibuat secara khusus hanya untuk melakukan satu pekerjaan komputasi, kebalikan dari prosesor multifungsi yang biasa digunakan pada smartphone dan PC pada umumnya.

"Kami sudah melakukan kemajuan terhadap bisnis ini (semikonduktor) dengan menjadi pemasok chip untuk penambangan uang virual bagi perusahaan asal China," ujar juru bicara Samsung, seperti detikINET kutip dari CNBC, Kamis (2/1/2018).

"Karena ini masih dalam tahap awal, porsi keuntungan yang dapat diperoleh dalam bisnis ini masih akan kecil," katanya menambahkan.

Samsung sendiri sempat mengakui bahwa Foundry milik mereka berada di urutan kedua dalam bisnis semikonduktor, sedangkan posisi puncak dikuasai oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Menariknya, media asal Korea Selatan, The Bell, menyebutkan bahwa Samsung akan bekerja sama dengan TSMC dalam pembuatan chip untuk penambangan cryptocurrency tersebut.

TSMC sendiri sudah menjadi pemasok chip bagi sejumlah korporasi dan firma, termasuk salah satu diantaranya adalah Bitmain, perusahaan asal China yang dikenal sebagai penyedia perangkat keras untuk menambang cryptocurrency. (fyk/fyk)
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed