Rabu, 31 Jan 2018 13:59 WIB

Creativepreneur Corner 2018

Tak Cuma Nyanyi, Vidi Aldiano Serius Bisnis Startup

Fino Yurio Kristo - detikInet
Vidi Aldiano di panggung. Foto: Fino Yurio Kristo/detikcom Vidi Aldiano di panggung. Foto: Fino Yurio Kristo/detikcom
Surabaya - Sukses di dunia tarik suara, Vidi Aldiano ternyata juga gemar berbisnis. Salah satunya, ia saat ini terjun ke dunia startup dengan mendirikan Krowd yang merupakan sebuah platform kolaborasi.

Pada intinya, Krowd bertujuan untuk membantu kolaborasi atau kerja sama antara Initiator dengan Collaborator. Initiator adalah pemilik ide kolaborasi sedangkan Collaborator merupakan pihak yang bergabung dalam kolaborasi itu.

Dalam layanan tersebut, Initiator akan berbagi informasi tentang ide yang mereka ajukan. Sementara Collaborator akan membagikan keahliannya dalam membantu mewujudkan ide menjadi kenyataan.

Vidi mengatakan, alasan menciptakan startup ini bermula dari masalah yang dialaminya saat menggarap album baru. Ia merasa kesulitan menemukan orang yang mahir dan sesuai dengan seleranya dalam pembuatan video klip musik atau cover albumnya.

"Saat meluncurkan album Persona, aku sempat kesulitan mencari kreator yang sesuai sama apa yang dimau. Jadi ceritanya karena setelah lima tahun vakum, aku kepengin album Persona ini diluncurkan tidak hanya dalam bentuk CD biasa, tapi dalam bentuk artbook" ungkap Vidi.

Saat itulah dia berkolaborasi dengan platform Kreavi untuk menciptakan artbook dari album Persona. Kreavi sendiri adalah layanan untuk bursa pekerja kreatif visual Indonesia.

Dalam membangun Krowd, Vidi bekerja sama dengan Putri Tanjung, Founder dan CEO event organizer Creativepreneur Event Creator dan Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR yang juga penggagas program #1000StartupDigital.

Sudah terkenal dan kaya dari menyanyi, mengapa Vidi masih berbisnis? Rupanya karena sejak kecil ia sudah diajari bisnis oleh orang tuanya. Dan semakin dewasa, Vidi menyadari passion-nya bukan cuma bermusik.

"Terutama oleh bokap, kita udah dididik menjadi orang yang punya banyak plan. Kalau satu tidak bekerja, ada yang lain. Keluarga gue juga ambisius dan gue kalau ada ambisi harus dikejar. Dan semakin tua, ternyata gue passion-nya bukan cuma di musik," katanya di ajang Creativepreneur Corner 2018 di Surabaya.

Vidi menandaskan ia tidak aji mumpung dalam berbisnis dengan memanfaatkan ketenarannya sebagai penyanyi. Ia menyatakan banyak seleb juga punya kemampuan untuk menjalankan bisnis.

Meski sibuk bisnis, sejauh ini Vidi masih tetap sering manggung baik off air ataupun on air. Tentu saja dunia menyanyi yang membesarkan namanya tidak ditinggalkannya. (fyk/rns)