Rabu, 31 Jan 2018 10:01 WIB

Ciputra Ingin Milenial Ikuti Jejak Go-Jek, Tokopedia, dkk

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ciputra. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Ciputra. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Generasi milenial yang melek akan teknologi menjadi potensi untuk meningkatkan ekonomi negara. Menciptakan entrepeneur milenial pun terus diupayakan.

Ciputra yang merupakan pengusaha sekaligus pendiri dari Ciputra Group mengatakan bahwa perekonomian dunia saat ini kondisinya sedang dalam masa transisi, mulai dari bisnis konvensional ke arah bisnis digital.

"Indonesia berada di posisi yang luar biasa, punya generasi baru yang kedepannya saya optimis bisa luar biasa baik. Sekarang ada empat perusahaan yang nilainya di atas USD 1 miliar, yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Kita mesti masuk ke bidang itu (bisnis digital)," ujar Ciputra di Jakarta.

Bukan tanpa alasan Indonesia perlu menggenjot entrepeneur milenial sejak dini. Berdasar data Bapennas pada 2015, ada 84 juta orang dikategorikan generasi milenial dari total penduduk 255 juta di Indonesia, atau 33% jumlah penduduk. Sementara dilihat dari usia produktif yang ditentukan pemerintah, yakni 16-64 tahun.

Ciputra mengungkapkan Indonesia masih terbelit permasalahan kesenjangan sosial dan pengangguran. Mengatasi persoalan tersebut, Ciputra menyarankan untuk menciptakan entrepreneur-entrepreneur baru. Hal itu ia pernah sampaikan kepada Presiden Joko Widodo, ketika diminta masukan terkait menumbuhkan ekonomi negara.

"Pemerintah Indonesia sudah melakukan banyak sekali sejak pertama sampai sekarang. Tapi, ada yang masih kurang, yaitu entrepreneurship. Saya sampaikan (kesenjangan sosial dan pengangguran-red) bisa diatasi dengan entrepreneurship untuk menciptakan perusahaan-perusahaan baru," tuturnya.

Artpreneur Talk 2018

Solusi memunculkan generasi milenial menjadi pelaku usaha diupayakan melalui ajang Artpreneur Talk 2018 yang digelar di Ciputra Artpreneur Theater pada 14 Februari 2018. Acara ini memilih generasi milenial sebagai pokok pembahasan dengan tema "Converting Millennials Into New Brand Lovers".

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan Artpreneur Talk ini bentuk kepedulian Ciputra Group dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Artpreneur Talk ini menjadi acara tahunan yang menyediakan konten menarik, mendidik, dan beragam tentang topik hangat terkini. Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kami kepada Indonesia," sebut Rina.

Deretan tokoh inspiratif yang menjadi pembicara di Artpreneur Talk nanti diantaranya seperti, Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Business Development Director Line Indonesia Revie Sylviana, Executive Director of Strategy Hakuhodo Network Indonesia Farhana E. Devi Attamimi, Founder of The Goodsdept Anton Wirjono.

Juga dihadirkan Chief Marketing Officer Go-Jek Piotr Jakubowski, Country Marketing Lead Nike Indonesia Arief Tjakraamidjaja, Head of Media Unilever Indonesia & SEAA Eko Sugiarto, sampai influencer dan content creator Agung Hapsah dan Benakribo. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed