Senin, 29 Jan 2018 11:15 WIB

Demi Sapi Super, Bill Gates Kucurkan Rp 532 Miliar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates mengamati ternak. Foto: BBC Bill Gates mengamati ternak. Foto: BBC
Skotlandia - Bill Gates menginvestasikan dana senilai USD 40 juta atau di kisaran Rp 532 miliar untuk mengembangkan sapi super. Yaitu sapi yang dapat memproduksi lebih banyak susu dan lebih tahan cuaca dibandingkan sapi biasa.

Pendiri Micosoft itu mengucurkan uang untuk Global Alliance for Livestock Veterinary Medicines, atau GALVmed, organisasi nirlaba yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia. Mereka melakukan riset vaksinasi dan masalah genetis ternak seperti sapi.

Intinya, Gates ingin membantu menciptakan sapi 'sempurna' persilangan sapi Eropa yang menghasilkan banyak susu dan dapat bertahan dalam temperatur panas seperti sapi Afrika.

"Dampak yang kita hasilkan per dolar di area ini sangatlah tinggi. Kalian bisa memiliki sapi yang empat kali lebih produktif dengan ketahanan yang sama (dengan sapi Afrika-red)," sebut Gates yang dikutip detikINET dari Business Insider.

Ternak seperti sapi menurut Gates amat penting untuk nutrisi dan pendapatan orang miskin. "Meski ada pertanyaan apakah dunia bisa memenuhi kebutuhan produk hewan tanpa merusak lingkungan, adalah fakta bahwa banyak orang miskin bergantung pada sapi untuk nutrisi dan pendapatan," papar dia.

Gates meyakini para peneliti di Skotlandia bisa mewujudkan sapi yang lebih baik serta hewan ternak pada umumnya. Hasil penelitian GALVMed seperti vaksin dan obat-obatan akan diberikan pada para peternak atau petani miskin.

Gates memang termasuk peduli pada perkembangan ternak. Beberapa waktu lalu ia pernah mengatakan bahwa membesarkan dan menjual ayam bisa menjadi cara efisien agar warga bisa terlepas dari jurang kemiskinan.

"Tidak ada investasi dengan persentase timbal balik seperti mengembangkan ayam. Jika aku sendiri hidup dalam kemiskinan ekstrim, aku ingin berternak ayam," kata suami Melinda Gates ini. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed