Selasa, 23 Jan 2018 21:46 WIB

Banyak Tanggal Merah di 2018, Mau Liburan ke Mana?

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Skyscanner Foto: Skyscanner
Jakarta - Situs pembanding harga tiket perjalanan Skyscanner merilis fitur Kalender Hari Libur 2018 yang ditujukan untuk membantu wisatawan di Indonesia merencanakan perjalanan liburan tahunan.

"Fitur terbaru dari Skyscanner ini adalah cara termudah untuk merencanakan liburan Anda pada tahun ini," kata Senior Marketing Manager Skyscanner Indonesia Yulianto Balawan, Selasa (23/1/2018).

Menurut riset seputar liburan tahunan yang dilakukan Skyscanner tahun lalu, sekitar 49,8% wisatawan di Indonesia mengalami kesulitan saat merencanakan liburan atau perjalanan dikarenakan keterbatasan waktu cuti.

Mayoritas dari responden tersebut (32%) mengaku hanya menggunakan tiga hari dari jatah cuti tahunan mereka untuk melakukan perjalanan domestik. Sementara 20% di antaranya mengambil lima hari dari jatah cuti tahunan untuk perjalanan internasional.

"Padahal, katanya, Indonesia memiliki jumlah hari libur nasional dan cuti nasional yang cukup banyak setiap tahunnya," masih kata Yulianto.

Pada 2018 ini, ada 16 hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah dan lima hari cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan Hari Raya Natal. Adapun jatah rata-rata cuti tahunan yang bisa diambil adalah sebesar 12 hari per tahun.

Kalender Hari Raya 2018 Skyscanner, katanya dirancang untuk membantu wisatawan Indonesia dalam memaksimalkan waktu liburan dengan menggabungkan hari libur nasional Indonesia yang berdekatan dengan akhir pekan panjang.

Kalender interaktif ini juga memberikan usulan jumlah hari cuti yang bisa diambil, rekomendasi tujuan wisata terbaik baik domestik dan internasional untuk periode perjalanan tersebut berikut, dan harga tiket penerbangan yang paling murah.

Rencana Liburan

Menurut Yulianto, wisatawan di Indonesia selalu mencari cara yang paling cermat untuk melakukan perjalanan, baik dari segi harga, waktu, ataupun daerah tujuan wisata.

Kalender Skyscanner menggunakan data historis yang dikumpulkan lewat analisa pasar eksternal dan analisa data internal dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Fitur ini juga menampilkan tempat-tempat wisata terpopuler yang kemudian diurutkan berdasarkan harga tiket penerbangan yang paling ekonomis sepanjang tahun," kata Yulianto menambahkan.

Sebagai contoh, menurut kalender tersebut, sepanjang Februari para wisatawan dapat memanfaatkan hari libur nasional Imlek yang jatuh pada 16 Februari untuk melakukan perjalanan liburan sepanjang lima hari.

Wisatawan cukup mengambil dua hari dari jatah cuti tahunan dan menggabungkannya dengan akhir pekan yang jatuh berdekatan untuk dapat melakukan perjalanan dari tanggal 14-18 Februari.

Skyscanner memberikan beberapa rekomendasi tempat liburan untuk periode perjalanan tersebut. Salah satunya adalah Hong Kong. Daftar tarif penerbangan termurah untuk tujuan Hong Kong juga ditampilkan pada Kalender Hari Libur ini.

Sepanjang Februari hingga awal Maret, para wisatawan dapat menikmati keindahan Chinese Lantern Festival yang diselenggarakan seiring dengan rangkaian perayaan tahun baru Cina di negeri Telur Emas tersebut. (rou/rou)
Foto: Skyscanner
Foto: Skyscanner
Foto: Skyscanner
Foto: Skyscanner
Foto: Skyscanner

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed