Senin, 22 Jan 2018 10:02 WIB

Mengenal Tron, Cryptocurrency yang Ingin Saingi Facebook

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Mata uang digital atau cryptocurrency yang diciptakan oleh pria berkebangsaan China ini ingin menantang para penyedia konten terkemuka dunia, seperti Facebook dan YouTube.

Adalah Tron, sebuah platform berbasis blockchain yang bertujuan untuk menjadi sarana berbagi konten di internet dengan meyakinkan para insan kreatif, artis, penulis, hingga musisi untuk merilis karya mereka tanpa harus melalui Amazon, YouTube, Apple, maupun Facebook.

Mata uang digital ini diciptakan oleh pria berusia 26 tahun asal China, Justin Sun, yang sempat masuk ke dalam daftar "30 under 30" Forbes untuk kawasan Asia pada 2015 lalu. Sebelumnya, ia pernah bekerja untuk cryptocurrency lain, yaitu Ripple.

Tron dapat digunakan di dalam platform bernama Tronix. Saat ini, berdasarkan klaim Justin, mata uang digital tersebut sudah memiliki basis user paling tidak 10 juta orang, seperti detikINET lansir dari Newsweek, Senin (22/1/2018).

Selain itu, Justin mengatakan Tron akan diimplementasikan dalam aplikasi jejaring sosial besutannya, yaitu Peiwo, yang beroperasi di China.

Sejauh ini, Tron sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan besar, seperti Baofeng, yang disebut Justin sebagai 'Netflix of China' dan oBike, sebuah penyedia layanan berbagi sepeda asal Singapura.

Rencananya, Tron akan menggaet oBike untuk merilis oCoins di dalam platform Tron, yang menjadi insentif bagi pengendara seiring semakin banyaknya mereka bersepeda.

Ditambah, cryptocurrency ini juga mendapat sejumlah investasi dari nama-nama besar, seperti tim pengembang Alibaba dan Microsoft serta Wei Dai, Founder dari perusahaan berbagi sepeda bernama Ofo.

Sampai saat ini, nilai dari Tron berada pada angka 8,4 sen dalam Dollar AS untuk 1 TRX, atau sekitar Rp 1.100. Tapi mengingat belum ada implementasinya yang nyata, banyak orang yang menyangsikan cryptocurrency ini.

Sejumlah pihak mengatakan bahwa Tron hanya sebuah ide yang belum diwujudkan, sehingga nasibnya bisa dibilang masih simpang siur, terlebih dalam bersaing dengan cryptocurrency besar seperti Bitcoin, Ethereum, maupun Ripple.

Meskipun begitu, platform Tron sudah melancarkan rencana-rencana untuk mulai 'menguasai' internet. Salah satunya dimulai dari sektor game dengan meluncurkan Tron Puppies yang akan berada di game.com.

Nantinya, platform yang dirilis 22 Januari mendatang ini akan memungkinkan user menggunakan Tron dalam bermain game. Ke depannya, mereka berencana untuk memperluas jaringannya ke aplikasi mobile dan online marketplace. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed