Sabtu, 20 Jan 2018 15:38 WIB

Creativepreneur Corner 2018

Najwa Shihab Sempat Galau Saat Bikin Startup

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Yogyakarta - Najwa Shihab, presenter Mata Najwa, akhirnya punya startup sendiri. Tapi saat akan mendirikan usaha rintisan digital itu, ia mengaku kerap dilanda kegalauan.

Nana, demikian sapaan akrabnya, mengaku sudah sejak lama ingin punya media digital sendiri. Tapi tidak juga terealisasi karena kerap dihantui kepanikan. Kenapa demikian?

"Terpikir bagaimana kalau tidak berhasil. Apa lagi rutinitas saya kala itu cukup enak," ungkap putri Quraish Shihab itu saat berbicara di atas panggung Creativepreneur Corner 2018 di Yogyakarta, Sabtu (20/1/2018).

Najwa Shihab Sempat Galau Saat Bikin StartupFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Barulah pada tahun lalu, rencana Nana akhirnya bisa terwujud. Dia mendirikan Narasi TV setelah berkecimpung menjadi jurnalis selama 17 tahun di salah satu stasiun TV swasta.

"Sempat tidak bisa tidur, karena harus berhenti setelah belasan tahun dan memulai yang baru. Untungnya banyak yang beri semangat, jadi saya beranikan diri mencoba," kenang Nana.

Dengan modal sendiri, Nana kemudian membangun Narasi TV. Channel Najwa Shihab di YouTube itu pun menjadi salah satu karya yang ditelurkan dari startup miliknya.

Saksikan video 20detik untuk melihat keseruan Creativepreneur Corner 2018 di Jogja di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Silver Button di YouTube

Hanya dalam empat bulan, channel Najwa Shihab di YouTube mendapatkan 250 ribu pelanggan. Pencapaian tersebut membuatnya mendapat Silver Button. Ditanya rahasianya, Nana hanya mengatakan dirinya coba membuat konten yang menarik dan dibutuhkan masyarakat.

"Berkat konten yang pas dan diupload saat yang tepat jumlah subscriber melonjak tajam, salah satunya soal pengacara yang suka memamerkan kekayaan," ungkapnya.

Najwa Shihab Sempat Galau Saat Bikin StartupFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Meski sering terlihat di depan layar, Nana mengaku ikut ambil bagian dalam proses kreatifnya. Bersama timnya yang berjumlah 40 orang, dirinya mengodok ide hingga merealisasikannya.

"Ada rapat redaksi dan diskusi. Semua urun rembuk ngasih pendapat," tuturnya.

Saat ini Nana terus bereksperimen mengembangkan konten-konten anyar lewat startupnya. Dalam waktu dekat, dirinya menyiapkan show Tompi dan Glenn Fredly di channel YouTube-nya.

Najwa Shihab Sempat Galau Saat Bikin StartupFoto: detikcom


Di akhir diskusi, perempuan berusia 40 tahun ini mengajak peserta Creativepreneur Corner 2018 untuk selalu mengasah kreativitas. Dari sana akan tercipta hal-hal baru ke depannya.

"Coba mencari dari comfort zone, lakukan hal berbeda, ini menstimulasi kita dalam mencipatakan hal baru," pungkas Najwa Shihab. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed